Sebuah model
bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan,
memberikan, dan menangkap nilai.
Tipe Bisnis
model :
·
E-Shop
·
E-Auction
·
E-Procurement
·
E-malls
·
Virtual
communities
·
Portals
·
Brokers
·
Advertising
Costumer Segments (CS) = Blok
segmen pelanggan ini menggambarkan sekelompok orang atau organisasi berbeda
yang ingin dijangkau/dilayani perusahaan. Blok ini mewakili pasar, pengguna,
atau konsumen potensial.
Value Proposition (VP) = Blok
proposisi nilai menggambarkan gabungan antara produk dan layanan yang
menciptakan layanan untuk segmen pelanggan spesifik. Blok ini mewakili
barang/jasa yang ingin kita tawarkan kepada konsumen.
Channels (CH) = Blok
saluran menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan berkomunikasi dengan segmen
pelanggannya, dan menjangkau mereka untuk memberikan proposisi nilai. Blok ini
mewakili cara perusahaan mengantarkan barang/jasa untuk sampai ke tangan
konsumen.
Customer Relationships (CR) = Blok hubungan
pelanggan menggambarkan berbagai jenis hubungan yang dibangun perusahaan
bersama segmen pelanggan yang spesifik. Blok ini mewakili cara perusahaan berkomunikasi
efektif dengan konsumen.
Reveneu Streams (R$) = Blok arus
pendapatan menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari
masing-masing segmen pelanggan. Blok ini mewakili komponen bisnis yang dapat
menghasilkan pemasukan bagi perusahaan.
Key Resources (KR) = Blok
sumber daya utama menggambarkan aset-aset terpenting yang diperlukan agar
sebuah model bisnis dapat berfungsi. Blok ini mewakili hal-hal yang dimiliki
perusahaan, misal : peralatan riset, server, insinyur, akuntan, dll.
Key Activities (KA) = Blok
aktivitas kunci menggambarkan hal-hal terpenting yang harus dilakukan
perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja. Blok ini mewakili aktivitas yang
dilakukan perusahaan dalam menghasilkan barang/jasa.
Key Partnerships (KP) = Blok
kemitraan utama menggambarkan jaringan pemasok dan mitra yang membuat model
bisnis dapat bekerja. Blok ini mewakili organisasi/perusahaan lain yang bekerja
sama untuk mendukung perusahaan dalam menghasilkan barang/jasa.
Cost Structure (C$) = Blok struktur
biaya menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model
bisnis. Blok ini mewakili semua hal yang menjadi beban biaya dalam operasional
perusahaan.
No comments:
Post a Comment