MARKET RESEARCH and MARKETING PLAN REPORT Food Direktori

MARKET RESEARCH and
MARKETING PLAN REPORT


BeeCulinary













Contents






Preface


Di dalam kegiataan sehari-hari sebagai mahasiswa BiNus, hamper setiap hari kita pasti akan makan di daerah sekitar BiNuS. Banyak mahasiswa yang kebingungan ketika memilih tempat untuk makan di daerah lingkungan Binus. Sulit untuk memilih karena tidak memiliki refrensi mengenai tempat makan tersebut. Banyak factor yang menyebabkan hal ini antara lain mahasiswa yang baru masuk ke binus baik mahasiswa dari luar kota maupun dari Jakarta, dan pastinya mahasiswa baru akan kebingungan untuk mencari makanan disekitar binus.
Maka dari itu Terciptalah ide untuk membuat sebuah Web food directory  di daerah sekitar BiNus bernama BeeCulinery. Web food direktori ini dikhususkan untuk mahasiswa dan karyawan BiNuS tetapi kita tidak menutup kemungkinan jika web food directory ini dapat berguna untuk orang di luar BiNuS. Web food directory yang berisikan seputar tempat makanan disekitar lingkungan Binus. Hal ini agar setiap mahasiswa atau karyawaan dan masyarakat disekitar Binus lebih dapat mengenal semua tempat makan yang ada di sekitar wilayah Binus. Salah satu contohnya seperti untuk mahasiswa baru yang pertama kali ingin makan di sekitar wilayah Binus, mereka dapat melihat web food directory ini, untuk dijadikan refrensi tempat makan mereka ataupun tempat nongkrong mereka.
Tujuan dari pembuatan web food directory ini adalah agar semua orang dapat mengetahui tempat-tempat makan yang ada disekitar BiNuS dan juga dapat membantu para pemilik tempat-tempat makan untuk mempromosikan tempat makanya agar nantinya akan ramai dikunjungi baik oleh mahasiswa, karyawaan dan orang lain di luar binus yang belom mengetahui mengenai tempat-tempat makan disekitar binus.





Literature Review



Referensi yang digunakan dalam market research ini membantu pembentukan sebuah inovasi, kreasi, sdan sebuah ide. Dimana refrensi  yang dimaksud dalam hal ini adalah pengaruh teknologi informasi bagi dunia bisnis, pengaruh internet terhadap dunia bisnis, internet sebagai sumber informasi, pengaruh media sosial terhadap dunia bisnis, pentingnya untuk makan – makanan yang beraneka ragam.
Dari refrensi ini kita dapat melihat bahwa internet sebuah media komunikasi yang sederhana, terjangkau, dan mudah dibuat. Ini membuat jumlah blog di Indonesia melonjak dengan cepat (Adhikara, Cooky Tri .,2010). Maka dari itu kita akan membangu sebuah website yang anak menyajikan informasi-informasi makanan disekitar daerah binus dan kita akan membangun brand kita yaitu beeCulinary agar dapat diterima oleh mahasiswa binus . caranya adalah harus memenuhi lima harapan generasi Net, yaitu kecepatan akses, tingkat fleksibilitas, keragaman pilihan/ opsi, tingkat interaktif, dan daya tarik estetika. Pemilik merek internet harus fokus terhadap isi internet sehingga konsumen mendapat manfaatnya dan tetap mengingat internet tersebut( wawo, rio francis.,2004).  Dan juga website tersebut harus di design dengan baik dan memiliki tampilan visual sebuah website yang memiliki pesan tertentu yang meliputi layout, elemen grafis, hingga sistem navigasi yang memudahkan pengguna dalam menjelajah sebuah website(Bonafix, D. Nunnun.,2010)


·        Berkat Internet Bisnis Online semakin meroket
Bisnis jual beli lewat internet (e-commerce) di Indonesia sedang marak-maraknya. Ini terlihat dari banyaknya pebisnis yang tertarik memasuki dunia bisnis online atau e-commerce. Tengok saja, sekarang banyak toko maya menjajakan barang dagangannya di internet seperti yang dikutip pada http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/08/26/230600126/Berkat.Internet.Bisnis.Online.Makin.Meroket
Shinta Dhanuwardoyo, Direktur Utama PT Bubu Kreasi Perdana (bubu.com), perusahaan digital agency yang berpusat di Jakarta, menilai, peluang bisnis e-commerce saat ini sedang tumbuh baik.
Di tahun 2014, tren e-commerce yang sedang naik daun adalah di sektor fashion dan perjalanan. Ia menilai, saat ini banyak konsumen di Indonesia memilih belanja produk fashion lewat internet.
Dengan bantuan jasa logistik, barang yang dipesan lewat internet bisa dikirim hingga ke tempat yang jauh. Fenomena serupa juga merambah sektor perjalanan atau travel agent.
Ia menyebut beberapa situs agen perjalanan yang sukses di bisnis e-commerce, seperti traveloka.com, tiket.com, dan skyscanner.co.id.
Roland Pasky Selanno, pemilik mamaonstore.com,  situs jual beli barang bekas dan baru, pun melihat, prospek e-commerce masih menjanjikan karena cakupan pasarnya sangat luas.

Menurut dia, bisnis e-commerce terus berkembang karena hampir semua orang sekarang sudah melek internet.
Menurut Shinta, pertumbuhan bisnis e-commerce akan semakin pesat bila pemerintah jadi membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap website perdagangan online. "Di luar negeri saja tidak ada pajak tambahan, sebab transaksinya tidak terjadi," kata dia.
Seperti diketahui, rencana ini masih dalam tahap pembahasan di Kementerian Perdagangan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, mengaku setuju atas rencana pembebasan PPN tersebut.
"Supaya bisa bersaing dengan e-commerce luar negeri memang sebaiknya jangan dipajaki," katanya. 

·        Bisnis online merupakan peluang bisnis
Meningkatnya jumlah pengguna internet saat ini seperti yang dikutip pada http://tekno.kompas.com/read/2012/07/11/12534692/bisnis.online.bisnis.sampingan.yang.laris.manis, menciptakan banyak peluang bisnis online yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan. Fasilitas internet yang bisa diakses selama 24 jam, memudahkan dalam membagi waktu antara pekerjaan utama dan menjalankan usaha.
Peluang bisnis melalui internet juga terbilang sangat murah, yang dibutuhkan hanya koneksi internet dan bisa dijalankan melalui blog, website maupun situs jejaring social yang saat ini marak digunakan masyarakat.
Sebelum memulai berbisnis online ada baiknya memahami atau meriset mengenai kondisi pasar internet. Pasar atau target market harus dikenali dengan baik. 
Pasar di internet sangat luas dan beraneka ragam. Pemain bisnis online bisa memilih pasar yang cukup besar jika punya kemampuan untuk merebut perhatian pasar lewat produk atau jasa yang ditawarkan. 
Contoh bisnis online yang saat ini banyak dijalankan antara lain bisnis affiliate, berjualan ebook, toko online, publisher iklan, designer website, freelance writer untuk media online, dan masih banyak lagi lainnya.
·        Pengaruh teknologi informasi bagi dunia bisnis.
    Pengaruh teknologi informasi bagi dunia bisnis pada saat ini sudah sangat berkembang, dan sangatlah berdampak pada dunia bisnis seperti e-commerce ataupun yang lainnya. Seperti yang dikutip dari http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=8825 adalah
    Saat ini teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dimana perkembangan ini tidak bisa kita hindari. Perkembangan teknologi informasi juga dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengetahuan yang seiring waktu semakin menapaki langkah yang semakin maju. Sejak pertama kali ditemukannya komputer pada tahun 1955, peradaban dunia telah mengalami suatu era informasi yang baru dan cepat.
    Perkembangan teknologi informasi ini tidak hanya dapat membantu cara hidup kita menjadi lebih modern, akan tetapi ada juga pengaruh teknlologi informasi yang berdampak pada pola pikir dan kehidupan kita yang berbeda dengan gaya hidup sepuluh tahun yang lalu. Kondisi ini bisa kita lihat pada saat ini bahwa tidak ada jarak yang bisa memisahkan komunikasi antar individu, meskipun berada di luar negeri, itu tidak menjadi sebuah masalah yang besar semenjak pesatnya kemajuan dari teknologi dan informasi ditengah tengah kehidupan kita. Perkembangan akan teknologi informasi yang kita dapat dewasa ini memberikan pengaruh teknologi informasi yang bersifat positif maupun negatif yang bisa manfaatkan maupun kita sikapi secara hati-hati.
    Pengaruh teknologi informasi ini memberikan dampak yang besar dan paling disoroti dalam dunia pendidikan dewasa ini. Sebab dunia pendidikan rentan dimasuki dan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi baru apabila tidak kita pilah pengaruh teknologi informasi yang bersifat positif maupun negatif, maka akan bersifat berbahaya. Tidak hanya untuk dunia pendidikan saja yang mendapatkan pengaruh ini, dari segi kebudayaan pun akan tergerus oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi yang cepat dan tidak bisa kita hindari ini. Dan tidak hanya pada dunia pendidikan maupun kebudayaan saja yang akan terkena dampak atau pengaruh teknologi informasiyang berkembang sangat cepat dan tidak bisa kita hindari ini, dunia bisnis pun saat ini telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang sudah pesat. Penerapan teknologi informasi sudah banyak diterapkan pada perusahaan perusahaan yang berskala nasional maupun swasta. Penerapan teknologi dan informasi ini menyebabkan perubahan dalam kebiasaan atau habit yang baru pada bidang bisnis. Seperti pemanfaatan E-Commerce sebagai media perdagangan yang menggunakan media internet yang saat ini tidak sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan.
    Bagi dunia bisnis, pengaruh ini memberikan kemudahan dan kelancaran dalam melakukan urusan bisnis meskipun rekan bisnis tersebut berada di negara lain, hal in ibisa diatasai dengan memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan sewaktu waktu dan tidak memungut biaya sedikit pun. Jejaring seperti ini hadir di semua industri global. Pengaruh ini tidak hanya berdampak pada usahawan saja yang memiliki perusahaan, pengaruh teknologi informasi ini juga memberikan dampak yang besar terhadap para pegawainya. Dewasa ini para pegawai di perusahaan tidak perlu lagi mengirimkan lembaran kerjanya secara manual dalam bentuk cetakan kertas, hanya perlu memanfaatkan fasilitas email yang tersedia secara gratis sudah bisa mengirimkan hasil laporan kerjanya tanpa harus terhalang oleh waktu dan tempat.
    Pengaruh teknologi informasi secara tidak langsung memberikan solusi yang dapat membantu urusan bisnis secara ringkas dan tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar. Seperti untuk mengadakan rapat, kita saat ini tidak perlu lagi harus mengumpulkan orang satu per satu, kita bisa memanfaatkan salah satu fitur yang berada pada handset ponsel pintar untuk melakukan sebuah rapat yang fleksibel harus berada pada suatu tempat dan juga mengeluarkan biaya yang terhitung tidak sedikit. Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut manusia modern untuk bertindak dengan cepat pula, apabila kita tidak bisa mengikuti gerak cepat dari perkembangan teknologi informasi ini, kita bisa saja tertinggal jauh dibelakang, dan dunia kerja maupun bisnis dewasa ini pun membutuhkan para pegawai yang bisa menggunakan perangkat hardware maupun software untuk mendukung segala aktivitas kerjanya.
    Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dewasa ini merupakan bagian integral dari semua lapangan bisnis dewasa ini. Tak ada satu pun dunia bisnis yang tidak terpengaru terhadap pengaruh teknologi informasiyang cepat ini. Mau tidak mau para pelaku bisnis harus bisa mengikuti laju dari perkembangan teknologi informasi yang serba cepat ini jika tidak ingin dunia bisnisnya tertinggal jauh dengan para pelaku bisnis yang lain.
·        Fungsi dan kegunaan website
  • Website sebagai tempat untuk mendapatkan informasi dan berinteraksi.
Website bisa digunakan sebagai dijadikan sebagai sarana interaksi antar sesama netter (pengguna internet). Melalui website, Anda bisa memperoleh informasi yang akurat dan tepat karena di dalam website biasanya terdapat informasi yang sedang Anda cari dan berbagai hak yang mungkin belum Anda ketahui sehingga Anda juga mandapatkan informasi yang lebih banyak dengan adanya website itu. Selain itu, orang yang ingin menanyakan sesuatu kepada pengelola website menjadi lebih mudah karena biasanya pada situs terdapat kontak yang bisa dihubungi atau no.HP atau no.telepon atau fasilitas kontak langsung kepada pengelola website dengan memanfaatkan YM (e-mail dari yahoo). Jika ada beberapa hal yang Anda tanyakan, Anda bisa langsung memanfaatkan berbagai fasilitas untuk bisa mendapatkan sebuah jawaban atau data dari pengelola website tersebut.
  • Mempermudah komunikasi.
Mempermudah komunikasi  berarti orang yang mempunyai website tersebutmemanfaatkan website untuk berkomunikasi dengan para para pelanggan dan orang yang ingin mendapatkan informasi dari pemilik website . Perusahaan ataupun per orangan bisa menjalin komunikasi melalui email ataupun informasi kontak yang ada pada website. Komunikasi melaluiwebsite akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan tidak adanya suatuwebsite. Walaupun adanya perbedaan lokasi sangat jauh dan sudah tentu lebih efisien dalam hal biaya dan waktu.
  • Menghasilkan uang melalui website.
Anda bisa mendapatkan uang dari website yang telah Anda buat. Dengan semakin banyaknya pengguna internet saat ini maka penyaluran suatu barang dapat dilakukan melalui internet. Pengunjung bisa langsung membeli produk yang dijual melalui internet dengan persetujuan Anda. Selain itu, jika setiap hari website memiliki pengunjung yang cukup banyak, biasanya ada orang yang menjalankan bisnis online yang lain ingin supaya usahanya atau bisnisnya juga diketahui dan dikenal banyak orang dengan beriklan di website Anda. Iklan yang ingin dipasang pada website Anda harus dengan persetujuan Anda. Orang yang ingin supaya usahanya atau bisnisnya ditampilakn pada website yang Anda miliki, maka orang itu bisa memberikan biaya untuk beriklan di website Anda sesuai keinginan Anda atau sesuai kesepakatan Anda dan orang yang ingin beriklan pada website Anda. Anda bisa mengenakan biaya sekitar Rp 5000,0 sampai Rp 40.000,- atau bahkan hingga Rp 100.000,- jika Anda menginginkannya.
  • Sarana untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi.
Dengan adanya website , pesan dan informasi bisnis dapat disampaikan lebih mudah, cepat dan up to date. Cukup dengan menulis dan memosting hal-hal yang Anda inginkan pada website Anda. Jika orang ingin mengetahui informasi atau pesan dari Anda, maka orang itu cukup membuka alamatwebsite Anda dan mencarinya pada website Anda.
  • Peluang untuk mendapatkan pelanggan lebih besar.
Jangkauan internet tidak mengenal batas wilayah, ruang, dan waktu. Websiteyang dibuat di kota Malang, bisa dilihat di Jakarta, Surabaya, Tuban, Solo, Banjarmasin dan dapat diakses di seluruh dunia (jika ada peralatan yang mendukung dan jaringan internet). Dengan adanya jangkauan seperti itu, maka potensi Anda untuk mendapatkan pelanggan lebih besar, karena informasi bisnis atau produk dari Anda bisa dilihat oleh orang di kota lain (dengan syarat ada peralatan yang mendukung dan jaringan internet).
  • Mempunyai image lebih profesional.
Dengan adanya website , Anda bisa dianggap atau memiliki image lebih baik, profesional dan bermutu dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki website.
  • Menghemat biaya dalam komunikasi.
Informasi mengenai produk baru dan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain dapat secara mudah Anda kirim kepada pelanggan atau orang yang menginginkan melalui email dan website. Seandainya terdapat pesan berupa tulisan yang sangat banyak, apakah mungkin pesan berupa tulisan itu Anda sampaikan melalui via SMS. Memang itu mungkin, tapi memerlukan biaya lebih untuk bisa mengirimkannya. Jika dilihat, sudah adawebsite dan e-mail, tapi Anda tetap memakai SMS untuk mengirimkan pesan yang berupa tulisan, apakah tidak lucu jika pelanggan menerima SMS itu? Apakah Anda tidak khawatir jika pelanggan Anda tertawa karena Anda dianggap ketinggalan zaman dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi (kecuali sudah ada kesepakatan tertentu)? Hehehehehehe…..12345678910x. Itu seandainya terjadi dan anggapan dari pelanggan muncul seperti itu.
  • Sebagai tempat promosi.
Selain untuk mempermudah komunikasi maka website dapat digunakan sebagai sarana untuk promosi dari suatu perusahaan atau per orangan yang menjalankan bisnis online. Selain katalog, brosur maupun iklan dan media cetak lainnya di toko Anda atau di tempat Anda bekerja, dengan mempunyaiwebsite di internet dapat memperluas jaringan promosi sebuah perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Orang yang ingin mengetahui segala informasi tentang bisnis yang Anda jalankan (tentang suatu perusahaan) bisa melihat informasi dari website tersebut.
Tapi Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam pembuatan websitedengan tujuan promosi, yaitu bahwa website merupakan sarana pendukung promosi. Hal itu sangat berbeda dengan media promosi utama lainnya seperti banner, poster, stiker, kartu nama dan iklan di media cetak lainnya. Sebaiknya isi dalam situs itu tidak hanya memindahkan isi media promosi lain (seperti banner, poster, stiker, kartu nama) ke website yang telah Anda buat, tapi sebaiknya harus lebih rinci, jelas dan akurat. Seseorang yang yang membuka website biasanya memerlukan informasi yang lebih banyak dan detail dibandingkan dengan media promosi lainnya. 

·        Pengaruh internet terhadap dunia bisnis.
    Pengaruh internet terhadap dunia bisnis sangatlah berdampak, baik positif maupun negative dampak yang diterima dari sebuah bisnis yang menggunakan internet sebagai sarananya, seperti yang dikutip melalui sebuha halaman website http://jiyongi-yeoja.blogspot.com/2013/03/pengaruh-internet-terhadap-dunia-bisnis.html yaitu
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat pada saat sekarang ini membuat aliran informasi menjadi semakin mudah dan cepat. Akses untuk mendapat suatu informasi dengan adanya bantuan teknologi menjadi sangat mudah dan gampang dan tidak dapat dipungkiri sangat membantu dalam kehidupan pribadi setiap individu.
    Harus diakui bahwa peluang pemanfaatan teknologi Internet guna menekan biaya komunikasi di Indonesia masih terbuka lebar, mengingat biaya komunikasi melalui telepon masih sangat mahal dan mungkin akan bertambah mahal. Perusahaan-perusahaan lokal sangat disarankan untuk menggali potensi utilitas Internet.

·        Internet sebagai sumber informasi.
    Internet pada dasarnya dapat digunakan sebagai sumber informasi. Karena internet memberikan kemudahan – kemudahan seperti dapat diakses dimana saja, dan kapan saja. Seperti yang dikutip dari sebuah website http://www.maxmedia.co.id/article-90-internet-sarana-sumber-informasi.html yaitu Internet sebagai sarana informasi yang dapat digunakan untuk bahan belajar. Bagi para pelajar atau seseorang yang sedang mendalami sesuatu pengetahuan dapat menggunakan internet sebagai sumber informasi. Kehadiran internet juga membantu dalam kemajuan teknologi yang ada. Dengan internet kita mendapatkan informasi tentang teknologi yang sedang berkembang saat kini, bahkan kita dapat mempelajari dan mengembangkan teknologi tersebut dengan informasi yang tersedia di internet.

·        Pengaruh media sosial terhadap dunia bisnis.
    Media sosial telah menjadi bagian penting dari bisnis dan rencana pemasaran.Seperti yang dikutip dari website http://fankychristian.blogspot.com/2014/01/pengaruh-social-media-terhadap-bisnis.html  yaitu Menurut sebuah studi 85% dari pengguna internet memiliki akun Facebook dan 49% memiliki akun Twitter, sementara 27% dari total waktu online yang dihabiskan untuk jejaring sosial dan 84 persen pembeli menggunakan situs media sosial.
·        Pengguna internet Indonesia menginkat meingkat
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip dari http://www.merdeka.com/teknologi/jumlah-pengguna-internet-indonesia-capai-7119-juta-pada-2013.html mengungkapkan jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 71,19 juta orang hingga akhir tahun lalu.
Jumlah tersebut berarti tumbuh 13 persen dibandingkan catatan akhir 2012 yang sebanyak 63 juta orang, ujar Ketua Umum APJII Sammy Pangerapan dalam pemaparan hasil kerja sama APJII dan BPS, Rabu (15/1).
Dengan jumlah tersebut, dan bila dibandingkan dengan total populasi jumlah penduduk Indonesia, maka menurut Sammy, penetrasi internet di Indonesia adalah sekitar 28 persen.

·        Pentingnya untuk makan – makanan yang beraneka ragam.
    Sebagian besar orang, tidak tahu betapa pentingnya asupan gizi ataupun nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, yang didapatkan dari berbagai aneka ragam jenis makanan. Seperti yang dikutip dari website http://www.kfindonesia.org/index.php?pgid=12&contentid=85 yaitu membangun  kebiasaan makan beraneka ragam sebagai penerapan prinsip pertama dari Gizi Seimbang yang universal. Setiap manusia di mana saja membutuhkan makanan yang beraneka ragam atau bervariasi, karena tak ada satu pun makanan yang mengandung seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh, kecuali ASI (air susu ibu) untuk bayi sampai umur 6 bulan. Makin beragam pola hidangan makanan, makin mudah terpenuhi kebutuhan akan berbagai zat gizi.
    Selain memerhatikan sumber zat-zat gizi makro yaitu karbohidrat, lemak, dan protein, pola makan ber-Gizi Seimbang juga mencakup sumber zat-zat gizi mikro yaitu vitamin dan mineral; dan tentu termasuk air. Pola makan bergizi seimbang mengatur secara proporsional keragaman golongan makanan, baik dalam jenis maupun jumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh.
·        Masa depan ecommerce Indonesia
Masa depan ecommerce Indonesia cerah seperti dikutip dari http://www.ymarketers.com/details.php?id=83#.VGJMJfmUf4Y
Dalam survei yang dilakukan oleh Greenberg Brand Strategy yang hasilnya diumumkan akhir Januari lalu ditemukan bahwa 76% dari pengguna internet di Indonesia berbelanja secara online sepanjang tahun sebelumnya dengan pengeluaran sebesar 5,5 juta rupiah. Ukuran pasar e-commerce juga membesar. Sepanjang 2012 hingga 2013 saja sudah membesar dua kali lipat menjadi US$ 8 miliar. Pasar yang menjanjikan tentu dengan sendirinya akan menarik banyak orang untuk ikut menikmatinya.








Metodologi

      
Metodologi yang digunakan dalam mencari ide adalah berasal dari pengalaman sehari-hari yaitu berupa permasalahaan dalam mencari tempat makanan saya dan teman-teman
Metodologi penelitian dari sisi market research yang diterapkan adalah dengan melakukan survey . Object survey yang digunakan adalam mahasiswa di Binus. Cara survey yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa Binus. Kuisioner tersebut dibuat dengan menggunakan aplikasi Google Form yang ada pada Google Drive.
Kuisoner ini disebarkan dari tanggal 16 Oktober 2014 sampai dengan tanggal 6 November 2014 atau kurang lebih sekitar 1 bulan. Penyebaran kuisioner tersebut dilakukan melalui media social yaitu Facebook, Twitter dan LINE. Selain melalui media sosial, penyebaran kuisioner juga dilakukan di sekitar area kampus dari universitas  Bina Nusantara dengan memberikan langsung kuisioner kepada responden dan diisi langsung oleh responden tersebut.
Responden yang dituju adalah mahasiswa universitas Bina Nusantara atau yang biasa disebut Binusian dimana responden dari survey lebih banyak pada binusian 2016,2017 dan 2018 yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Binus , karena produk/jasa yang ditawarkan diproritaskan untuk ditujukan untuk para mahasiswa binus.




Result And Discusion


Dari kuisionair yang telah disebar, sudah terkumpul sebanyak 56 data responden yang sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah tertera di dalam kuiosnair. Dan ternyata setelah  dicek, dari 56 data hasil kuisionair yang berhasil dihimpun terdapat 3 data yang tidak valid atau tidak sah, karena responden tidak lengkap dalam mengisi kuisioner yang telah disebarkan tersebut. Dan juga terdapat responden dari luar Binus Dari hasil penelitian melalui kuisioner tersebut menghasilkan data sebagai berikut:

·        Dari 53 orang data valid orang yang telah mengisi kuisioner (responden): sebanyak 8% merupakan Binusian 2015(2orang) sebanyak 4% (4 orang) merupakan Binusian 2016, 60% (32 orang) merupakan Binusian 2017, dan 28% (15 orang) merupakan Binusian 2018

·        Dari 53 orang data valid yang telah mengisi kuisioner (responden); sebanyak 3% (36 orang) berjenis kelamin Perempuan dan 68% (17 orang) berjenis kelamin Laki-laki.
 

·        Dari segi kepentingan internet di dalam kehidupan sehari-hari dengan skala 1 – 5; sebanyak 83% (44 orang) memilih 5 (sangat penting), 11% (6 orang) memilih 4(cukup penting), 24% (2 orang) memilih 3(penting), 4%(1 orang) memilih 1(tidakpenting).

·        Dari segi frekuensi penggunaan internet; sebanyak 81% (43 orang) 1 hari sekali dalam menggunakan internet dan 19% (10 orang) 3 hari sekali dalam menggunakan internet.

·        Dari segi perangkat yang digunakan untuk mengakses internet; sebanyak 38% responden menggunakan mobile, 13% responden menggunakan PC(personal computer), 11% responden menggunakan tablet, dan 38% responden menggunakan laptop.

·        Dari segi kecepatan koneksi internet; sebanyak 17% (9 orang) memiliki koneksi internet yang sangat cepat, 40% (21 orang) memiliki koneksi internet yang cepat, 43% (23 orang)

·        Dari segi mendapatkan informasi restoran daerah binus; sebanyak 55% responden mendapatkan informasi dari teman, 22% responden mendapatkan informasi dari brosur, 12% responden mendapatkan informasi dari reklame, 10% responden mendapatkan informasi dari website, dan 1% responden mendapatkan informasi dari lainnya.

·        Dari segi penggunaan food directory; sebanyak 2% (1 orang) sering sekali menggunakan food directory, 7% (4 orang) sering menggunakan food directory, 38% (20 orang) kadang-kadang menggunakan food directory, 13% (7 orang) jarang menggunakan food directory, dan 40% (21 orang) tidak pernah

·        menggunakan food directory.

·        Dari segi frekuensi makan/minum di daerah binus; sebanyak 57% (30 orang) sering sekali makan/minum di daerah binus, 17% (9 orang) sering makan/minum di daerah binus, 15% (8 orang) kadang-kadang makan/minum di daerah binus, 9% (5 orang) jarang makan/minum di daerah binus dan 2% tidak pernah makan/minum di daerah binus(1 orang).

·        Dari segi faktor dalam menentukan tempat makan; sebanyak 30% responden memperhatikan kebersihan, 53% responden memperhatikan harga, 23% responden memperhatikan rasa, 13% responden memperhatikan kuantitas, dan 12% responden memperhatikan suasana.

·        Dari segi jenis makanan favorit; sebanyak 43% responden suka Indonesian food, 22% responden suka Western food, 18% responden suka Chinnese food, 17% responden suka Japanesse food.

·        Dari 56 orang yang telah mengisi kuisioner (responden); terdapat 13%(7 orang) vegetarian  87% non vegetarian (46 orang)

·        Dari segi harga ideal sekali makan; sebanyak 6% (3 orang) memilih harga kurang dari Rp 10.000, 74% (39 orang) memilih harga sekitar Rp 10.000-Rp 20.000, 11% (6 orang) memilih harga Rp 21.000-Rp 30.000, 2% (1 orang) memilih harga Rp 31.000-Rp 40.000, dan 7% (4 orang) memilih harga lebih dari Rp 40.000.

·        Dari frekuensi melakukan delivery order; sebanyak 13% (7 orang) sangat sering melakukan delivery order, 17% (9 orang) sering melakukan delivery order, 26% (14 orang) kadang-kadang melakukan delivery order, 34% (18 orang) jarang melakukan delivery order, dan 10% (5 orang) tidak pernah melakukan delivery order.
 
·        Dari segi criteria web yang baik; sebanyak 24% responden memilih simple, 23% responden memilih desain menarik, 18% responden memilih user friendly, 9% responden memilih atraktif, dan 26% responden memilih informatif.

·        Dari segi iklan dalam sebuah website; sebanyak 41% (22 orang) memilih 1 iklan dalam sebuah website, 38% (20 orang) memilih 2 iklan dalam sebuah website, 9% (5 orang) memilih 3 iklan dalam sebuah website, 6% (3 orang) memilih 4 iklan dalam sebuah website dan 6% (3 orang) memilih 5 iklan dalam sebuah website.

·        Dari segi ketertarikan terhadap food directory khusus binusian; sebanyak 81% (43 orang) tertarik dengan food directory khusus binusian dan 19% (10 orang) tidak tertarik dengan food directory khusus binusian.

·        Dan banyak dari responden yang meminta untuk menambahkan data yang lengkap mengenai informasi makanan yang disediakan di dalam website serta info-info penting mengenai tempat-tempat makan tersebut seperti bila sedang ada diskon atau event khusus yang diberikan untuk pelanggan

Jika terdapat food direktori khusus binusian, isi/materi apa yg anda harapkan ada di food direktori tersebut?
Lokasi terdekat restoran yang terjamin, peta simplistik tapi dapat mengarahkan
dengan benar. Seperti Binus Food Navigator, Ada Legendnya: Kebersihan (ratenya), Harga (rate), Enak (rate) dsb.
g'luck
MAKANAN MURAH.
Jam buka toko/Jam Delivery, Pengecekan Real Time apakah Toko itu lagi buka atau tidak, Promo-promo diskon
Harga dan jenis-jenis makanan
makanan enak dengan harga yang terjangkau
tempat makan yang benar benar menunjukan kriteria yang akan saya cari
harga dan kuantitas
diskon khusus binusian
nama restoran, menu, kapasitas ruangan, harga dan foto ruangan yang di gunakan
alamat nya dan informasi tentang makanan yang murah dan bersih
Peta restoran
Murah dan enak?
Makanan yqng murah dan enak
informasi,  foto
kelengkapan data dan kemudahan akses
makanan yang enak dan disediakan asbak buat ngerokok
review tentang makanan dan harga
diskon untuk binusian
Event discount, promosi
makan gratis
Yang pastinya materi harus menarik dan informatif
diskon
Ayam Goreng
harga murah, enak,  lezat, nyanan enak buat nongkrong
kualitas
Ayam Goreng
Makanan yang murah dan higienis
Promo tiap minggu
up to date
Daftar sushi
daftar tempat makan yg dekat murah dan enak
Makanan yang dijaga kebersihannya
Menu, kualitas, harga
indonesian food, desert, minuman
Indonesian Food
masakan padang
Western dan indonesian food yang terjangkau dan sehat




Conclusion


Kesimpulan yang di dapat dari data yang dihimpun melalu kuisionair adalah web food direktori(beeCulinary) ini dapat diterima oleh Binusian dan dapat kita lihat bahwa rata-rata respondeng menganggap internet itu penting sehingga para responden sering menggunakan internet . Walaupun hanya sedikit responden yang menggunakan website sebagai prefrensi dalam mencari makanan. Tetapi hal tersebut dapa disosialisasikan lebih lanjut melalui media-media social. Karena tingkat efektifitas dari media social sudah terbukti. Dan karena banyak dari responden yang menggunakan Device Mobile dalam mengakses internet, maka kita akan membuat mobile web yang juga dapat diakses dari mobile device yang lebih ringan dan cepat untuk mengaksesnya. Dan kita juga akan membuat applikasi untuk google play store yang nantinya akan memudahkan pengguna android device untuk mendapat informasi beeCulinary. Dan juga apple store yang akan memudahkan para pengguna ios untuk mendapatkan informasi website beeCulinary.
Dan dari data di atas kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat mahasiswa binus yang vegetarian. Sehingga untuk mendukung hal tersebut kita akan membuat menubar vegetarian di dalam website kita dan dari data tersebut memberikan informasi bahwa mahasiswa binus menyukai Indonesian food, western food, chinnese food dan Japanese food sehingga kita akan membuat menubar untuk Indonesian food, western food, chinnese food dan Japanese food sehingga akan mempercepat pencarian yang dilakukan oleh user. Dan diliat dari banyak responden yang menyatakan bahwa harga sekali makan adalah Rp10.000-Rp20.000 sehingga kita mempertimbankan untuk menambah menubar untuk makanan dengan harga Rp10.000-Rp20.000 sehingga user dan para pengguna dapat dengan cepat untuk mencari sebuah tempat makan yang memiliki harga berkisar antara Rp 10.000- Rp.20.000.
Dari kesimpulan di atas maka website food direktori akan kita bangun dengan menggunakan menubar di dalam website food direktori dan kita juga akan menggunakan 2 iklan di dalam website food direktori yang digunakan sebagai tempat promosi tempat makan di sekitar binus yang nantinya iklan tersebut akan kita komersialkan kepada tempat-tempat makan yang ingin memasangkan iklanya kepada kita. Dan kita juga akan membuat website yang memiliki informasi yang lengkap didukung dengan design yang baik.



Marketing Plan



1.      Product
Produk disini adalah sebuah website food directory yang bernama BeeCulinary. Sebuah website yang bertujuan untuk memberikan informasi  mengenai alamat,jenis makanan, harga, nomor delivery, serta memberikan foto tempat makan di sekitar wilayah Binus.  BeeCulinary adalah sebuah website yang user friendly, atraktif, informatif, serta simple bagi user yang menggunakannya.

2.      Customer
Customer disini adalah difokuskan bagi mahasiwa Binus, karyawaan Binus, Dosen Binus, ataupun orang yang tinggal di sekitar Binus. Serta orang yang akan berkunjung ke wilayah di sekitar Binus.

3.      Competitor/Value Creation Analysis
Competitor atau saingan terbesar adalah Openrice.com dan Zomato.com
-      Openrice.com
     OpenRice (OpenRice.com) adalah panduan makan secara online yang ditulis oleh orang-orang lokal, dengan mesin restoran pencarian yang komprehensif dan platform bagi pengguna untuk menulis ulasan tentang restoran mereka telah mengunjungi. Didirikan di Hong Kong pada tahun 1999, OpenRice sekarang ini tempat yang paling populer untuk menemukan ide-ide makan dan pengalaman bersantap saham. Sejak itu, OpenRice telah lebih jauh menetapkan kehadirannya di kota-kota besar seperti China, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura. Situs ini memiliki lebih dari 71,000 tempat makan di Indonesia, yang dikategorikan oleh masakan, kabupaten, dan kisaran harga untuk memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah menemukan restoran favorit mereka. Pengguna dapat mempelajari lebih lanjut melalui setiap ulasan dan foto restoran, dan bahkan penunjuk yang ada.

4.      Marketing Mix The 4P’s
-   Product
         Produk yang ditawarkan adalah berupa website yang memberikan informasi mengenai resotran , cafe, atau bahkan warteg di sekitar wilayah Binus.
-   Price
            Setiap user yang membuka website ini tidak perlu membayar. Website ini atau BeeCulinary ini bersifat free kepada siapa saja.
-   Place
            Dimana saja yang penting konsumen mendapatkan akses internet untuk membuka BeeCulinary ini.
-   Promotion
         Promosi akan dilakukan dengan berbagai cara, baik melaui mulut ke mulut dan juga melalu media social karena media social dinilai paling ampuh untuk media promosi saat ini, serta melakukan promosi dengan bekerja sama dengan tempat makan, yang akan memberikan info mengenai BeeCulinary ini, ataupun dengan membagikan brosur.

5.      Marketing Channel
Tempat makan, cafe ataupun warteg di daerah sekitar Binus, yang akan membantu untuk memberitahukan keberadaan sebuah website food directory yang bernama BeeCulinary.

6.      Product Pricing and Budgeting
-   Product Pricing
            Dalam hal ini tidak ada product pricing kepada user yang membuka website kami, karena kami memberikan layanan berupa website yang dapat diakses secara gratis. Tetapi kami memberika harga yang akan disepakati untuk menampilkan tampilan iklan di halaman website kami.

-   Budgeting
Dalam ini terdapat biaya – biaya seperti maintenance, biaya promosi, biaya research.

7.      Integrate Marketing Communication
Dengan memberikan informasi kepada restoran, cafe, maupun warteg  disekitar Binus akan adanya website yang akan mendukung mereka yaitu BeeCulinary.

8.      Track marketing Activities
Dengan website yang kita miliki dan dengan marketing maka kita akan dapat melihat apa yang mernjadi daya Tarik konsumen terhadap makanan-makanan atau apa kebiasaaan konsumen di dalam website hal ini akan melacak dan memberikan informasi mengenai behavior dari konsumen dalam menggunakan website kita. Kita juga dapat mengetahui kota asal dari pengguna beeCulinary. Dan juga Web browser yang ia pakai. Sehingga nanti beeCulinary akan lebih tepat sesuai dengan segment yang dimiliki
9.      Evaluate Progress
Progress yang sudah dilakukan adalah dengan memberikan questinaire dan dapat kita simpulkan bahwa produk kita dapat diterima oleh mahasiswa binus Karen dapat kita lihat bahwa mahasiswa binus sering menggunakan internet. Dan juga memiliki banyak device yang digunakan untuk mengakses internet












Bibliography

Adhikara, Cooky Tri. 2010. " ANALISIS SEBARAN PEMANFAATAN INTERNET BLOG/WEBLOG UNTUK KATEGORI BISNIS DAN EKONOMI DI DUNIA MAYA INDONESIA." Jurnal ComTech 1188-1196.
Bonafix, D. Nunnun. 2010. "PERANAN WEB DESAIN DALAM INTERNET." Jurnal Humaniora 196-204.
Wawo, Rio Francis. 2004. " Pembangunan Merek Internet Untuk Memenuhi Harapan Generasi Net." Jurnal Teknik Komputer.


 

Attachment

Questionaire















Comments

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

    ReplyDelete

Post a Comment