Monday, May 27, 2013

Application Software : End-User Applications & System Software : Computer System Management

software computer
computer software
Application Software : End-User Applications
·         Software adalah istilah umum untuk berbagai jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan dan memanipulasi komputer dan perangkat periferal mereka. Perangkat lunak dapat dianggap sebagai bagian variabel dari komputer dan perangkat keras sebagai bagian dalam variabel.
·         Aplikasi Software terdiri dari 2 bagian yaitu General Purpose Application Software dan Application Specific Programs.
·         General Purpose Application Software yaitu program yang melakukan pekerjaan pengolahan informasi umum untuk pengguna akhir. Contohnya : Software Suites, Web Browsers, Electronic Mail, Word Processing, Spreadsheets, Database Managers, Presentation Graphics, Personal Information Managers, Groupware.
·         Application Specific Programs yaitu program yang menyelesaikan tugas-tugas pengolahan informasi yang mendukung fungsi bisnis yang spesifik atau proses, aplikasi ilmiah atau rekayasa, dan aplikasi komputer lainnya dalam masyarakat. Contohnya : Business-Accounting, Transaction Processing, Customer Relationship Management, Entreprise Resource Planning, Electronic Commerce, Science and Engineering, Education, Entertainment, etc.
·         Sistem Software terdiri dari 2 bagian yaitu System Management Programs dan System Development Programs.
·         System Management Programs adalah program untuk mengelola hardware, software, network dan data resource dari sistem komputer selama pelaksanaannya dalam pekerjaan pengolahan informasi. Contohnya : Operating Systems, Network Management Programs, Database Management Systems, Application Servers, System Utilities, Performance and Security Monitors.
·         System Development Programs adalah seperti penerjemah bahasa dan pemrograman bantuan editor spesialis IS dalam mengembangkan program komputer untuk mendukung proses bisnis. Contohnya : Programming Language Translators, Programming Editors and Tools, Computer-Aided Software Engineering (CASE) Packages.
·         Costum Software adalah istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi  aplikasi software yang dikembangkan dalam sebuah organisasi untuk digunakan oleh organisasi itu.
·         COTS Software adalah software yang dikembangkan dengan maksud menjual perangkat lunak dalam beberapa salinan.
·         Web Browsers menjadi universal software yang dimana pengguna dapat mencari informasi, mengirim email, mengirim file multimedia, diskusi dan masih banyak lagi. Contoh-contoh browser yaitu Microsoft Explorer, Netscape Navigator, Firefox, Opera, or Mozilla.
·         Email digunakan pengguna untuk berkomunikasi lewat internet.
·         Instant Messaging (IM) yaitu sebuah email hybrid teknologi yang telah berkembang sangat cepat sehingga telah menjadi metode standar pesan elektronik bagi jutaan pengguna internet di seluruh dunia.
·         Weblog adalah adalah sebuah situs pribadi atau nonkomersial yang menggunakan format log tanggal diperbarui setiap hari atau sangat sering dengan informasi baru tentang topik tertentu atau berbagai mata pelajaran.
·         Spreadsheet packages seperti Lotus 1-2-3, Microsoft Excel, OpenOffice Calc, dan Corel QuattroPro digunakan oleh hampir setiap bisnis untuk analisis, perencanaan dan pemodelan. Mereka membantu Anda mengembangkan spreadsheet elektronik, yang worksheet baris dan kolom yang dapat disimpan pada PC atau pada server jaringan, atau dikonversi ke format HTML dan disimpan sebagai halaman Web atau lembaran Web pada World Wide Web.
·         Presentation graphics software packages membantu Anda mengkonversi data numerik menjadi tampilan grafis grafik garis seperti, grafik batang, diagram lingkaran dan berbagai jenis grafis. Contohnya Microsoft Power Point, Open Office Impress, Lorus Freelance, or Corel.
·         Personal Information Manager (PIM) adalah sebuah paket software terkenal untuk para pengguna akhir produktivitas dan kolaborasi, serta aplikasi populer untuk perangkat personal digital assistant.
·         Groupware adalah software yang membantu kelompok kerja dan team kolaborasi untuk menyelesaikan tugas group.



System Software : Computer System Management
tampilan awal dan user interface
user interface
·         Operating System adalah  sebuah sistem terintegrasi dari program yang mengawasi operasi CPU, mengontrol fungsi penyimpanan input atau output dari sistem komputer, dan menyediakan layanan dukungan berbagai. Sebuah sistem operasi melakukan lima fungsi dasar: user interface untuk sistem komunikasi dan jaringan dengan pengguna, manajemen sumber daya untuk mengelola sumber daya harware dari sebuah sistem komputer, manajemen file untuk mengelola file data dan program, manajemen tugas untuk mengelola tugas-tugas komputer harus capai, utilitas dan fungsi lainnya yang menyediakan perangkat pendukung lain-lain.
·         Operating System terdiri dari : Microsoft Windows, Linux, Open-Source Software, Open Office.org 2, Mac OS X.
·         User interface adalah bagian dari sistem operasi yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan itu sehingga Anda dapat memuat program, mengakses file, dan menyelesaikan tugas-tugas lainnya.
·         Resource Management Program untuk mengelola sumber daya perangkat keras dan jaringan dari sebuah sistem komputer, termasuk CPU, memori, perangkat penyimpanan sekunder, prosesor telekomunikasi, dan input atau peripheral output.
·         File Management Programs adalah program yang mengendalikan penciptaan, penghapusan, dan akses file data dan program.
·         Task Management Programs adalah sistem operasi membantu menyelesaikan tugas-tugas komputer para pengguna.
·         Multitasking adalah tugas manajemen pendekatan yang memungkinkan untuk beberapa tugas-tugas komputer yang akan dilakukan secara simultan tampaknya.
·         Programming Languages adalah kategori utama dari sistem perangkat lunak. Terdiri dari 5 level yaitu : Machine Languages, Assembler Languages, High-Level Languages, Fourth-generation Languages, Object-oriented Languages.
·         Machine Languages adalah adalah tingkat yang paling dasar dari bahasa pemrograman. Pada tahap awal pengembangan komputer, semua instruksi program harus ditulis dengan menggunakan kode biner yang unik untuk setiap komputer.
·         Assembler Languages adalah bahasa pemrogaman yang selanjutnya. Mereka dikembangkan untuk mengurangi kesulitan dalam menulis program bahasa mesin.
·         High-Level Languages menggunakan instruksi, yang disebut pernyataan, yang mencakup pernyataan singkat atau ekspresi aritmatika.
·         Forth-generation Languages adalah bahasa non prosedural yang mendorong pengguna dan programmer untuk menentukan hasil yang mereka inginkan, sementara komputer menentukan urutan intruksi yang akan mencapai hasil tersebut.
·         Object-oriented Languages seperti Visual Basic, C++, dan Java juga dianggap bahasa generasi kelima dan telah menjadi alat utama dari pengembangan perangkat lunak.
·         HTML ( Hypertext Markup Language ) adalah deskripsi halaman bahasa yang menciptakan hypertext dan dokumen hypermedia.
·         XML (eXtensible Markup Language ) bukan format keterangan bahasa halaman Web seperti HTML.
·         Java adalah object-oriented programming language yang diciptakan oleh Sun Microsystems yang berevolusi menjadi aplikasi pemrograman untuk WWW dan koporasi intranet dan ekstranet.
·         NET adalah koleksi dukungan pemrograman untuk apa yang dikenal sebagai layanan web, kemampuan untuk menggunakan web ketimbang komputer Anda sendiri untuk berbagai layanan.

·         Web Services adalah komponen perangkat lunak yang didasarkan pada kerangka web dan standar berorientasi objek dan teknologi untuk menggunakan web yang secara elektronik menghubungkan aplikasi dari pengguna yang berbeda dan platform komputasi yang berbeda.

computer schedule tha input in hardware




2 comments: