Wednesday, April 22, 2015

THE BUSINESS CASE


Methodology adalah perencanaan strategi yang digunakan untuk mengatur dan mengkontrol suatu projek. Methodology terdiri dari 2, yaitu traditional dan agile methodology
Project Life Cycle (PLC)
Adalah kumpulan dari tahap logical yang memetakan kehidupan dari projek mulai dari awal penentuan produk, pembuatan produk, dan pengiriman produk
Terdiri dari :
1.       Define project goal
Tujuan projek harus difokuskan pada penyediaan nilai bisnis bagi perusahaan

2.       Plan project
Menentukan ruang lingkup, jadwal, dan anggaran dalam suatu projek

3.       Execute project plan
Mengatur ruang lingkup, jadwal, anggaran, dan karyawan untuk memastikan projek tersebut mencapai tujuannya

4.       Close project
Memastikan seluruh pekerjaan telah terselesaikan sesuai rencana

5.       Evaluate project
Pelajaran untuk menentukan hal-hal apa saja yang harus dipertahankan maupun ditingkatkan

System Development Life Cycle (SDLC)
1.       Planning
Mengidentifikasi masalah dan memastikan tujuan, ruang lingkup, anggaran, jadwal, teknologi dan hal lainnya yang dibutuhkan dalam pengerjaan projek





2.       Analysis
Menganalisa masalah dan kesempatan yang ada, serta mencatat lebih spesifik kebutuhan dan persyaratan sistem baru





3.       Design
Tim projek menggunakan persyaratan projek dan membuat model logikal untuk merancang arsitektur yang mendukung sistem informasi baru

4.       Implementation
Pengembangan atau konstruksi dari sistem, pengujian, dan pemasangan sistem

5.       Maintenance and support
Sistem diperbarui untuk memperbaiki bugs, pembuatan fitur baru, atau menyesuaikan dengan perubahan lingkungan bisnis





IT Project Methodology

IT Project Methodology


Business case : Analisa dari nilai organisasi, biaya, manfaat, dan risiko dari rencana proyek
Atribut dalam business case yang baik :
-          Merincikan seluruh dampak, biaya, dan manfaat
-          Membandingkan alternatif dengan jelas
-          Mencakup seluruh informasi yang terkait secara objektif
-          Meringkas temuan secara sistematis

Proses dalam mengembangkan business case :


1.       Memilih tim inti
2.       Mendefinisikan MOV (Measurable Organizational Value)
3.       Mengidentifikasi alternative
4.       Menentukan kemungkinan
5.       Menentukan total biaya
6.       Menentukan total manfaat
7.       Menganalisa alternative
8.       Mengusulkan dan mendukung rekomendasi



Balanced Scorecard Approach :
1.       Financial perspective
2.       Customer perspective
3.       Internal processes perspective

4.       Innovatioan & learning perspective

2 comments: