Business Model

Sebuah model bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai.
Tipe Bisnis model :
·         E-Shop
·         E-Auction
·         E-Procurement
·         E-malls
·         Virtual communities
·         Portals
·         Brokers
·         Advertising









Costumer Segments (CS) = Blok segmen pelanggan ini menggambarkan sekelompok orang atau organisasi berbeda yang ingin dijangkau/dilayani perusahaan. Blok ini mewakili pasar, pengguna, atau konsumen potensial.
Value Proposition (VP) = Blok proposisi nilai menggambarkan gabungan antara produk dan layanan yang menciptakan layanan untuk segmen pelanggan spesifik. Blok ini mewakili barang/jasa yang ingin kita tawarkan kepada konsumen.
Channels (CH) = Blok saluran menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan berkomunikasi dengan segmen pelanggannya, dan menjangkau mereka untuk memberikan proposisi nilai. Blok ini mewakili cara perusahaan mengantarkan barang/jasa untuk sampai ke tangan konsumen.
Customer Relationships (CR) = Blok hubungan pelanggan menggambarkan berbagai jenis hubungan yang dibangun perusahaan bersama segmen pelanggan yang spesifik. Blok ini mewakili cara perusahaan berkomunikasi efektif dengan konsumen.
Reveneu Streams (R$) = Blok arus pendapatan menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan. Blok ini mewakili komponen bisnis yang dapat menghasilkan pemasukan bagi perusahaan.
Key Resources (KR) = Blok sumber daya utama menggambarkan aset-aset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi. Blok ini mewakili hal-hal yang dimiliki perusahaan, misal : peralatan riset, server, insinyur, akuntan, dll.
Key Activities (KA) = Blok aktivitas kunci menggambarkan hal-hal terpenting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja. Blok ini mewakili aktivitas yang dilakukan perusahaan dalam menghasilkan barang/jasa.
Key Partnerships (KP) = Blok kemitraan utama menggambarkan jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja. Blok ini mewakili organisasi/perusahaan lain yang bekerja sama untuk mendukung perusahaan dalam menghasilkan barang/jasa.
Cost Structure (C$) = Blok struktur biaya menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model bisnis. Blok ini mewakili semua hal yang menjadi beban biaya dalam operasional perusahaan.

Comments