Wednesday, January 29, 2014

E-business: Electronic Business Value

coba kalian diskusikan beberapa pertanyaan di bawah ini:

1. Berikan penjelasan mengenai perbedaan antara e-business dan e-commerce?
2. Keuntungan dan kerugian dari e-business?
3. Jelaskan mengenai tantangan apa saja pada e-business?
4. Pada pokok bahasaan kali ini di jelaskan bahwa knowlege-based dibagi menjadi 2 kategori, sebutkan, jelaskan dan berikan contoh nya!
1. Berikan penjelasan mengenai perbedaan antara e-business dan e-commerce?
    Jika E-Commerce atau Electronic Commerce atau EC menjelaskan suatu proses dari penjualan, pembelian, transfer, melayani atau pertukaran produk, jasa atau informasi lewat jaringan komputer termasuk internet,  E-Business atau Electronic Businessmengarah kepada pengertian yang luas dari EC atau Electronic Commerce, tidak hanya membeli atau menjual barang dan jasa tetapi juga pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner business, memimpin E-Learning, dan memimpin transaksi elektronik didalam suatu organisasi.
   
2. Keuntungan dan kerugian dari e-business?
•    Ada 5 keuntungan yang ditawarkan oleh e-business, yaitu:
    a. Efficiency-efisiensi
    Sebuah riset menunjukkan bahwa kurang lebih 40% dari total biaya operasional perusahaan diperuntukkan bagi aktivitas penyeberan informasi ke divisi-divisi terkait. Dengan dimanfaatkannya e-business maka terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurangi total biaya operasional. Contohnya : bagaimana fasilitas email dapat mengurangi biaya komunikasi pengiriman dokumen ke rekan bisnis.
    b. Effectiveness-efektifitas
    Dengan dimanfaatkannya e-business, perusahaan dapat berhubungan dengan klien dan  customer kapan saja dan dimana saja, serta dapat membantu perusahaan melakukan  pelayanan transaksi barang dan jasa. Contoh: Transaksi jual beli melalui website perusahaan dan konsultasi produk/jasa pada customer melalui social media.
    c. Reach-Jangkauan bisnis
    Perusahaan mampu memperluas jangkauan dan ruang gerak dalam mengembangkan bisnis perusahaan dengan mudah(menembus batas ruang dan waktu) dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal. Contoh: jika penjualan di toko terbatas pada jam 8 pagi hingga 5 sore, dengan e-business perusahaan dapat menjangkau customer kapan saja dan dimana  saja dengan adanya jaringan komunikasi/jaringan komputer.
    d. Structure-Struktur
    Terdapat perubahan pada struktur proses bisnis perusahaan yaitu yang semula  menggunakan konsep transaksi secara offline/fisik (biasa disebut konsep:brick and mortar- perusahaan menjual produk/jasa secara langsung melalui toko), menjadi transaksi secara offline-online(biasa disebut konsep: click and mortar-perusahaan melakukan integrasi     pendekatan bisnis secara online dan offline/fisik ). 
    e. Opportunity-Kesempatan bisnis
    Semakin terbukanya peluang yang lebar bagi pelaku bisnis untuk berinovasi menciptakan produk-produk atau jasa-jasa baru. Contoh: Perusahaan Samsung dapat berinovasi dalam mengembangkan produknya berdasarkan permintaan customer melalui forum resmi Samsung.

•    Ada beberapa kerugian dari e-business:
    a. Tidak ada jaminan keamanan
    Dalam melakukan transaksi secara online, biasa customer perlu untuk mengisi email, data pribadi dan kontak. Hal inilah yang menjadi sasaran pihak lain yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data customer dan menyalahgunakannya. Apalagi tidak ada jaminan keamanan yang pasti bagi customer dalam melakukan transaksi jual beli secara online. 
    b.Integritas perusahaan dipertanyakan
    Ada beberapa situs jual beli online yang menuliskan bahwa mereka tidak akan memberikan data pribadi customer mereka kepada pihak lain. Namun, integritas perusahaan ini biasanya akan dipertanyakan oleh customer, karenakadang ada perusahaan yang menjual data pribadi customer demi keuntungan perusahaan sendiri.
    c. Sistem harus diupgrade
    Sistem e-business perlu diupgrade atau diupdate demi memastikan pelayanan transaksi yang maksimal. Maka perusahaan harus memberikan perhatian extra terhadap sistem e-business mereka, karena jika tidak sistem akan terbengkalai dan customer/klien enggan untuk menggunakan sistem/mengunjungi website kita.
    d. Momentary Intangibility
    Maksud dari momentary intangibility adalah jika customer melakukan transaksi pembelian online maka mereka tidak dapat mencoba barang yang mereka beli secara langsung. Customer tidak dapat meraba, merasakan, dan mencoba barang yang akan mereka beli sebelum membuat keputusan untuk membeli produk tersebut.

3. Jelaskan mengenai tantangan apa saja pada e-business?
a.Komitmen manajemen dan  pengelolaan teknologi informasi
Dalam melakukan e-business, diperlukan komitmen tinggi dari manajemen perusahaan untuk bersedia mengelola sistem dan teknologi informasi e-business secara rutin karena teknologi dan jaringan terus berkembang dari waktu ke waktu dengan cepat. Sehingga sistem dan teknologi pendukungnya dapat bekerja dengan baik dan tidak mengecewakan customer/klien.
b. Integrasi teknologi dengan proses bisnis perusahaan.
Sebelum menerapkan e-business, perusahaan harus memastikan bahwa e-business akan mendukung proses bisnis perusahaan dengan teknologi yang sesuai. Jangan sampai karena sumber daya yang kurang dan tidak ada integrasi dengan proses bisnis, perusahaan kewalahan untuk mengurus sistem e-business dan proses bisnis perusahaan seperti penjualan secara fisik melalui agen terbengkalai.
c.  Keamanan
Salah satu faktor terbesar yang dapat mendukung kepuasan customer adalah keamanan. Dimana perusahaan harus membuat pengamanan sistem e-business yang baik sehingga customer tidak ragu untuk melakukan transaksi. Contoh: adanya fitur login user pada website perusahaan.
d. Kualitas Pelayanan
Dalam penerapan e-business, perusahaan harus memastikan bahwa fitur sistem sesuai dengan apa yang diinginkan customer,klien maupun internal perusahaan sendiri, dan memaksimalkan pelayanan transaksi /komunikasi dengan customer/klien. Sehingga customer dan klien lama akan loyal pada perusahaan dan mampu menarik customer dan klien baru.
4. Pada pokok bahasan kali ini di jelaskan bahwa knowlege-based dibagi menjadi 2 kategori, sebutkan, jelaskan dan berikan contoh nya!
a. Tacit Knowledge.
Tacit Knowledge merupakan pengetahuan yang tidak mudah dideskripsikan dan dibagikan, Ini berupa pengalaman dan keahlian dari orang-orang yang belum terdokumentasi, pengetahuan berkembang dalam interaksi dengan orang lain.  Contoh : Pengetahuan yang didapat dari pembicara seminar.
b. Explicit Knowledge.
Merupakan pengetahuan yang formal, sistematis dan mudah untuk dikomunikasikan dan dibagi. Ini merupakan pengetahuan yang terdapat pada buku, referensi atau lainnya. Pengetahuan berkembang dari pengaturan isi dari informasi yang ada. Contoh: Pengetahuan yang tertera pada jurnal ilmiah yang dibagikan kepada mahasiwa.

Monday, January 27, 2014

E-business

Ketika teknologi Web 1.0 diperkenalkan pertama kali, banyak perusahaan berlomba-lomba mengembangkan website/portal untuk menjual produk-produk mereka secara online. Selang beberapa tahun kemudian, banyak perusahaan2 tersebut yang gulung tikar/bangkrut. Hal yang sama juga terjadi ketika munculnya teknologi Web 2.0. Jelaskan pendapat rekan2 terkait fenomena ini.

Alasan

kalo menurut saya penyebab banyaknya perusahaan yang gulung tikar karena ketika web 1.0 diperkenalkan antusiesme masyarakat untuk menggunakan internet masih kurang sehingga produk yang ditawarkan menjadi tidak laku atau kurang ada yang melirik di internet. Selain itu ditambah dengan masih adanya kekhawatiran masyarakat ketika itu untuk membeli barang secara online seperti takut ditipu oleh penjual atau takut barangnya tak sampai ke tujuan sehingga produk yang ditawarkan ke perusahaan melalui e-bussiness saat itu menjadi tidak laku lagi. 

Selain itu juga karena ketika pada zaman awal-awal munculnya Web 1.0 dan Web 2.0 kita hanya bisa mengakses internet di komputer. Sedangkan pada zaman sekarang e-bussiness mulai berkembang karena ketika sekarang pada zaman kita tidak hanya dapat mengakses internet dari komputer. tetapi bisa juga dari handphone dan lain sebagainya

Dan juga karena padan zaman web 1.0 konsumen hanya dapat meliha produk yang dijual ke pasaran dan ketika pada zaman web 2.0 konsumen hanya dapat menulis komentar saja pada produk sehingga ketika web 1.0 dan web 2.0 e-bussiness hanya berpusat masih pada perusahaan sedangkan ketika web 3.0 kita dapat mencustomized product yang kita mau sehingga e-bussiness sudah berpusat pada konsumen

Sunday, January 26, 2014

Kelebihan dan Kekurangan Agile, Waterfall, Rapid Application Development(RAD), Extreme Programing(XP),Rational Unified Process (RUP), Scrum Development

Waterfall

Kelebihan dari Waterfall

·         Metode ini masih lebih baik digunakan walaupun sudah tergolong kuno, daripada menggunakan pendekatan asal-asalan. Selain itu, metode ini juga masih masuk akal jika kebutuhan sudah diketahui dengan baik.
·         Memberikan template tentang metode analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan.
·         Cocok digunakan untuk produk software yang sudah jelas kebutuhannya di awal, sehingga minim kesalahannya.
·         Cocok untuk system software berskala besar dan bersifat generik.
·         Pengerjaan project system akan terjadwal dengan baik dan mudah dikontrol.
·         Document pengembangan system sangat terorganisir, karena setiap fase harus terselesaikan dengan lengkap sebelum melangkah ke fase berikutnya. Jadi  setiap fase atau tahapan akan mempunyai dokumen tertentu.
·         Kualitas dari sistem yang dihasilkan akan baik. Ini dikarenakan oleh pelaksanaannya secara bertahap. Sehingga tidak terfokus pada tahapan tertentu.


Kekurangan dari Waterfall
·         Diperlukanya sebuah management proyek yang baik karena sangat berpengaruh karena Masalah kecil bisa beresiko bila tidak ditanganin atau diketahui dari awal pembuatan.
·         Persyaratan sistem harus digambarkan dengan jelas dan Rincian proses harus benar-benar jelas dan tidak boleh berubah-ubah.
·         Terjadinya pembagian proyek menjadi tahap-tahap yang tidak fleksibel, karena komitmen harus dilakukan pada tahap awal proses.
·         Customer harus sabar untuk menanti produk selesai, karena dikerjakan tahap pertahap, menyelesaikan tahap awal baru bisa ke tahap selanjutnya.
·         Sulit untuk mengadaptasi jika terjadi perubahan spesifikasi pada suatu tahapan pengembangan.
·         Perubahan ditengah-tengah pengerjaan produk akan membuat bingung team work yang sedang membuat produk.
·         Adanya waktu menganggur bagi pengembang, karena harus menunggu anggota tim proyek lainnya menuntaskan pekerjaannya.

Agile

Kelebihan dari agile
·         Meningkatkan kepuasan kepada klien.
·         Dapat melakukan review pelanggan mengenai software yang dibuat lebih awal.
·         Pembangunan system dibuat lebih cepat.
·         Mengurangi resiko kegagalan implementasi software dari segi non-teknis.
·         Jika pada saat pembangunan system terjadi kegagalan kerugian dari segi materi relatif kecil.

Kekurangan dari agile
·         Developer harus selalu siap dengan perubahan karena perubahan akan selalu diterima.
·         Agile tidak akan berjalan dengan baik jika komitmen tim kurang.
·         Tidak cocok dalam skala tim yang besar (>20 orang).
·         Perkiraan waktu release dan harga perangkat lunak sulit ditentukan.


Rapid Application Development (RAD)

Kelebihan dari RAD
·         RAD mengikuti tahapan pengembangan sistem sepeti umumnya, tetapi mempunyai kemampuan untuk menggunakan kembali komponen yang ada (reusable object) sehingga pengembang tidak perlu membuat dari awal lagi dan waktu yang lebih singkat.
·         Setiap fungsi mayor dapat dimodulkan dalam waktu tertentu kurang dari 3 bulan dan dapat dibicarakan oleh tim RAD yang terpisah dan kemudian diintegrasikan sehingga waktunya lebih efisien.

Kekurangan dari RAD
·         Tidak cocok untuk proyek skala besar.
·         Proyek bisa gagal karena waktu yang disepakati tidak dipenuhi.
·         Sistem yang tidak bisa dimodularisasi tidak cocok untuk model ini.
·         Resiko teknis yang tinggi juga kurang cocok untuk model ini.
·         penghalusan dan penggabungan dari beberapa tim di akhir proses sangat diperlukan dan ini memerlukan kerja keras.
·         kinerja dari perangkat lunak yang dihasilkan dapat menjadi masalah manakala kebutuhan-kebutuhan diawal proses tidak dapat dimodulkan, sehingga pendekatan dengan model ini kurang bagus.
·         Model RAD memerlukan komitmen yang kuat antara pengembang dan pemesssan, bahkan keduanya bisa tergabung dalam 1 tim
·         Model RAD memerlukan sumber daya yang cukup besar, terutama untuk proyek dengan skala besar.

 Extreme Programming (XP)

Kelebihan dari XP
·         Metode yang populer karena lebih santai dan non-restriktif.
·         Biaya lebih murah.
·         Mampu mengotomatiskan tes.
·         Setiap feedback ditanggapi dengan melakukan tes, unit tes atau system integration dan jangan menunda karena biaya akan membengkak (uang, tenaga, waktu).
·         Banyak ide baru dan berani mencobanya, berani mengerjakan kembali dan setiap kali kesalahan ditemukan, langsung diperbaiki.

Kekurangan dari XP
·         Cerita-cerita yang menunjukkan requirements kemungkinan besar tidak lengkap sehingga Developer harus selalu siap dengan perubahan karena perubahan akan selalu diterima.
·         Tidak bisa membuat kode yang detail di awal (prinsip simplicity dan juga anjuran untuk melakukan apa yang diperlukan hari itu juga).
·         XP tidak memiliki dokumentasi formal yang dibuat selama pengembangan. Satu-satunya dokumentasi adalah dokumentasi awal yang dilakukan oleh user.

Rational Unified Process (RUP)

Kelebihan dari RUP
·         Menyediakan akses yang mudah terhadap pengetahuan dasar bagi anggota tim.
·         Menyediakan petunjuk bagaimana menggunakan UML secara efektif.
·         Mendukung proses pengulangan dalam pengembangan software.
·         Memungkinkan adanya penambahan-penambahan pada proses.
·         Memungkinkan untuk secara sistematis mengontrol perubahan- perubahan yang terjadi pada software selama proses pengembangannya.

Kekurangan dari RUP
·         Metodologi ini hanya dapat digunakan pada pengembangan perangkat lunak yang berorientasi objek dengan berfokus pada UML (Unified Modeling Language).
·         Membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan XP dan Scrum.


Scrum

Kelebihan dari scrum
·         Keperluan berubah dengan cepat.
·         Tim berukuran kecil sehingga melancarkan komunikasi, mengurangi biaya dan memberdayakan satu sama lain.
·         Pekerjaan terbagi-bagi sehingga dapat diselesaikan dengan cepat.
·         Dokumentasi dan pengujian terus menerus dilakukan setelah software dibangun.
·         Proses Scrum mampu menyatakan bahwa produk selesai kapan pun diperlukan.

Kekurangan sari scrum
·         Developer harus selalu siap dengan perubahan karena perubahan akan selalu diterima.
·         Lemah dalam perencanaan arsitektur


Monday, January 13, 2014

The Networked Enterprise and Telecommunications Network Alternatives

Tren Teknologi
Perubahan yang cepat dari teknologi analog ke teknologi digital mengakibatkan:
1.Kecepatan transmisi yang secara signifikan lebih besar
2.Pergerakan informasi dalam jumlah yang lebih besar
3.Ekonomi yang lebih besar
4.Tingkat kesalahan yang lebih rendah dari teknologi analog
Perubahan dari ketergantungan pada media berbasis kawat tembaga dan sistem penerimaan gelombang pendek berbasis tanah ke jalur serat-optik dan selular, PCS, satelit komunikasi, dan teknologi nirkabel lainnya
Tren Aplikasi
Saat ini jaringan telekomunikasi memainkan peran penting dan meluas dalam proses e-business berbasis Web, e-commerce, kerjasama perusahaan, dan aplikasi bisnis lainnya yg mendukung tujuan strategis, manajemen & operasional, baik di perusahaan besar maupun di perusahaan kecil
Tren Industri
-Pasar yang dimonopoli oleh pemerintah beralih ke pasar yang dipenuhi dengan pemasok yang bersaing ketat
-Penawaran jasa telekomunikasi yang beragam mulai dari jasa telepon lokal & global sampai saluran satelit telekomunikasi, radio bergerak, TV kabel, jasa telepon seluler, dan akses internet
-Pertumbuhan yang pesat dari Internet dan World Wide Web menimbulkan berbagai produk, jasa dan penyedia telekomunikasi
-Perusahaan meningkatkan penggunaan Internet dan Web untuk kerja sama dan perdagangan secara elektronik






Pengertian Networking Enterprise
Menurut Manuel Castells, network enterprise adalah jaringan yang terbentuk dari beberapa perusahaan, atau beberapa bagian dari beberapa perusahaan, atau sebagian internal dari beberapa perusahaan.
 Salah satu ciri dari network enterprise adalah access network yang terbuka lebar, yang memungkinkan siapa saja, baik itu produsen, pelanggan, maupun hacker dan cracker, untuk mengetahui transaksi on-line yang terjadi.
Suatu sistem yang dikatakan baik, termasuk jaringan enterprise, minimal harus mampu menjawab kriteria dasar keamanan berikut ini:
1. Kerahasiaan
2. Kendali akses
3.Autentifikasi
4.Integritas
5. Non-repudiation 
Konsep Jaringan 
Dua buah komputer dikatakan terkoneksi jika  bila komputer dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksinya tidak harus melalui kawat tembaga saja, melainkan dapat menggunakan serat optik, gelombang mikro, atau satelit.
Konsep Jaringan Berdasarkan Letak Geografis
a.      LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
- Area terbatas, hingga + 100 mikro komputer (PC) 
-Terdapat fasilitas office automation






b. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor- kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

 c. WAN (Wide Area Network)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

Topologi Jaringan. 
Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station.
Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini.
a.                          Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node ataupengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah
b.                          Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.
c.                          Topologi Bus adalah kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya.Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC.Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel. Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung.Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing- masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya.
d.                          Topologi mesh menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.
e.                          Topologi Pohon disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda.Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .
 







Tren Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah pertukaran informasi dalam bentuk apapun (suara, teks, gambar, data, audio, video) melalui jaringan berbasis komputer.
Tren utama yang terjadi di bidang telekomunikasi memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan manajemen di bidang ini 
Business Value Pada Jaringan Telekomunikasi




Revolusi Internet
Pertumbuhan internet yang sangat pesat adalah fenomena revolusioner dalam komputasi dan telekomunikasi.Internet telah menjadi jaringan yang terbesar dan terpenting dari jaringan saat ini, dan telah berevolusi menjadi jalan tol informasi (information superhighway) global. Internet semakin meluas seiring dengan semakin banyaknya bisnis, organisasi, komputer dan jaringan yang bergabung dengan web global ini. Internet tidak memiliki pusat atau pusat telekomunikasi.
Bisnis Menggunakan Internet
Aplikasi seperti kerja sama antara mitra bisnis, penyediaan dukungan pelanggan dan pemasok serta e-commerce telah menjadi penggunaan bisnis utama dari internet. Perusahaan menggunakan teknologi internet untuk pemasaran, penjualan, dan aplikasi manajemen hubungan pelanggan, serta aplikasi bisnis lintas fungsi, dan aplikasi dalam bidang tekhnik, manufaktur, sumber daya dan akuntansi.

Business Value pada Internet 
Kebanyakan perusahaan membangun situs web e-business dan e-commerce untuk mencapai enam nilai bisnis utama:
1. Menghasilkan pendapatan baru dari penjualan online.
2. Mengurangi biaya transaksi melalui penjualan online dan dukungan pelanggan.
3. Menarik pelanggan baru melalui iklan dan pemasaran web serta penjualan online.
4. Meningkatkan loyalitas pelanggan saat ini melalui perbaikan dukungan dan layanan pelanggan web.
5. Mengembangkan pasar baru berbasis web dan saluran distribusi untuk produk yang ada saat ini.
6. Mengembangkan produk baru berbasis informasi yang dapat diakses di web. 
Peranan Intranet dan Extranet
a.      Intranet
Intranet adalah jaringan privat yang menggunakan software internet dan protokol TCP/IP. Intranet memberikan akses yang mudah bagi karyawan untuk memperoleh informasi perusahaaan. Intranet merupakan media yang efektif untuk mengirim aplikasi mengenai informasi perusahaan, seperti kebijakan, prosedur, dan bentuk SDM, direktory telepon organisasi, program pelatihan, search engines, basis data pelanggan, katalog produk dan manual kerja, groupware, bagan organisasi, berita terbaru mengenai organisasi, peringatan akan krisis, serta gudang data dan akses pendukung keputusan.

Peran intranet antara lain :
1. Untuk memperbaiki komunikasi dan kerja sama antar individu dan tim didalam                 perusahaan
2. Untuk mempublikasikan dan berbagi informasi bisnis yang berharga dengan lebih mudah, tidak mahal, dan efektif melalui portal informasi perusahaan dan situs web intranet serta layanan intranet lainnya.
3. Untuk mengembangkan dan menyebarkan aplikasi kritis untuk mendukung opersional bisnis dan pengambilan keputusan.

b.      Extranet
Extranet adalah jaringan privat yang menggunakan teknologi internet dan system telekomunikasi public untuk membentuk hubungan yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja,
pelanggan dan pihak bisnis lainnya dalam rangka mendukng operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis.Extranet dapat digunakan untuk melakukan pertukaran data dengan volume besar menggunakan EDI (Electronic Data Interchange), berbagai catalog produk dengan pedagang, kerjasama dengan perusahaan lain dalam usaha pengembangkan patungan, menyediakan layanan oleh sebuah perusahaan terhadap sejumlah perusahaan dalam grupnya, berbagi informasi yang ditujukan secara khusus untuk perusahaan perusahaan mitra. 
Alternatif Jaringan Telekomunikasi 
Telekomunikasi adalah sebuah teknik yang mampu mengubah sistem teknologi informasi. Sangat penting bagi pengguna untuk mengerti beberapa karateristik penting dari komponen dasar jaringan telekomunikasi.Hal tersebut dapat membantu pengguna untuk berpartisipasi secara efektif dalam membuat keputusan mengenai alternatif telekomunikasi.
Saluran telekomunikasi  dapat diartikan sebagai data dan bentuk telekomunikasi yang ditransmisikan diantara pengirim dan penerima dalam suatu jaringan telekomunikasi. 

Model Jaringan Telekomunikasi 
Secara umum jaringan telekomunikasi dibeberapa pengaturan dimana pengirim mengirimkan pesan kepada penerima melalui saluran yang terdiri dari beberapa tipe medium. Telekomunikasi memungkinkan setiap orang untuk salaing berkomunikasi secara cepat dalam jarak yang jauh sekalipun



 




Gambar di atas menggambarkan jaringan telekomunikasi yang terdiri dari 5 (lima) kategori komponen dasar :
1. Terminal.
2. Telecommunications Processors.
3. Media dan saluran telekomunikasi berakhir yang mana data diterima dan dikirim.
4. Komputer.
5. Software pengendali telekomunikasi. 
Sinyal Analog dan Digital 
Sinyal Digital, Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal tersebut menjadi kombinasi ututan bilangan 0 dan 1 untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah bit.
 Sinyal analog, merupakan pemanfaatan gelombang elektromagnetik. Proses pengiriman suara, misalnya pada teknologi telepon, dilewatkan melalui gelombang elektromagnetik. 
Media Telekomunikasi
Jenis-jenis media telekomunikasi :
a. Twisted Pair Wire Cable
Komponen ini terdiri dari atas 2 jenis, yaitu Unshielded Twisted- Pair(UTP) dan Shielded (STP).
UTP terdiri atas 2,3,4 atau lebih pasang kabel. Tiap pasang kabel dipilin 6 kali per inchi.Hal ini dilakukan untuk menghindari listrik dan impedansi listrik.Sensitif terhadap interferensi listrik, seperti derau listrik oleh cahaya fluorescent atau elevator berjalan.Kabel jenis ini disebut juga dengan Kabel IBM jenis 3.
STP pada dasarnya memiliki karakteristik yang sama dengan UTP. Perbedaaannya terletak pada besar kawat dan adanya selubung isolasi yang berfungsi untuk menghindari interferensi listrik.
b. Coaxial Cable Karakteristik
Kabel ini terdiri atas 2 kabel yang diselubungi oleh 2 tingkat isolasi. Isolasi pertama (isolator dalam) adalah isolasi yang menyelubungi kawat tembaga pejal. Selain dilindungi oleh isolator, kawat tembaga pejal ini juga dilindungi oleh kertas timah yang dipasang diatas isolator, untuk melindungi dari pengaruh medan elektromagnet.


c. Fiber Optic Cable Fiber Optic
Memiliki karakteristik sebagai berikut : Data yang dikirimkan dalam bentuk pulsa cahaya kecepatan transmisinya paling tinggi. Tipis dan fleksibel, sehingga mudah dipindahkan.Tidak terganggu oleh cuaca dan panas.
d. Wireless Wireless memiliki karakteristik : Tidak menggunakan kabel, kerna data dikirimkan dalam bentuk gelombang atau inframerah. Setiap workstation berhubungan dengan hub atau concentrator melalui gelombang radio atau inframerah.
Teknologi Wireless
Dalam perkembangan perangkat telekomunikasi tentunya kita sering mendengar kata wireless, wireless merupakan penghubung dua perangkat yang tidak mengunakan media kabel (nirkabel) teknologi wireless merupakan teknologi tanpa kabel, dalam melakukan hubungan telekomunikasi tidak lagi mengunakan media atau sarana kabel tetapi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel.
Pada saat ini perkembangan teknologi wireless tumbuh dan berkembang dengan pesat, dimana setiap saat kita selalu membutuhkan sarana telokominikasi, hal ini dapat terbukti dengan semakin banyaknya pemakaian telepon selular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet  : Infrared (IR) ; Wireless wide area network (bluetooth) ; Radio Frequency (RF) ; Wireless personal area network /telepon seluler(GSM/CDMA) ; Wireless lan (802.11) 
Beberapa Contoh Teknologi Wireless
1.Teknologi yang sudah lama namun, pasti kita tidak begitu sadar itu merupakan salah satu Wireless, yaitu Frekuensi Radio.Frekuensi Radio ini merupakan salah satu perintis Wireless, yang sekarang sudah banyak digunakan dalam teknologi selanjutnya seperti ponsel, bluetooth dan lain-lain.
2. Selanjutnya yaitu Sinar Infra Merah atau lebih dikenal Infra Red. Infra Red ini ternyata sebelum dipakai di ponsel sebagai alat transmisi data, sudah dipakai dalam Remote TV atau berbagai Remote lain-nya. 
3. Lalu teknologi yang paling booming pada ponsel sampai sekarang, yaitu BlueTooth. Pasti Anda sudah tahu semua.Teknologi BlueTooth ini merupakan modifikasi dari Frekuensi Radio, berbeda dengan Infra Red yang menggunakan medium cahaya. BlueTooth ini merupakan teknologi wireless standard pada ponsel yang berfungsi untuk pertukaran data dari jarak dekat menggunakan frekuensi radio sebesar 2,4Ghz. 





Perkembangan Wireless 1G sampai 4G
1.Generasi pertama (1G) Pengembangan teknologi nirkabel ditandai dengan pengembangan sistem analog dengan kecepatan rendah (low speed) dan suara sebagai obyek utama.Dua contoh dari pengembangan teknologi nirkabel pada tahap pertama ini adalah NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System).
2. Generasi kedua (2G) Pengembangan teknologi nirkabel dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT. Sebelum masuk ke pengembangan teknologi Generasi ketiga (3G), banyak pihak sering menyisipkan satu tahap pengembangan, Generasi 2,5 (2,5G) yaitu teknologi komunikasi data wireless secara digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang termasuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.
3. Generasi ketiga (3G) Generasi digital kecepatan tinggi, yang mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.
4. Generasi Keempat (4G) Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Sebelum 4G, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun).
Untuk meningkatkan kecepatan akses data yang tinggi dan full mobile maka standar IMT-2000 di tingkatkan lagi menjadi 10Mbps, 30Mbps dan 100Mbps yang semula hanya 2Mbps pada layanan 3G. Kecepatan akses tersebut didapat dengan menggunakan teknologi OFDM(Orthogonal Frequency Division Multiplexing) dan Multi Carrier. Di Jepang layanan generasi keempat ini sudah di implementasikan.
Di negara kita, kita dapat mengikuti secara sederhana perkembangan teknologi ini, mulai dari teknologi 1G berupa telepon analog/PSTN yang menggunakan seluler.Sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN.Indonesia pada saat ini sebenarnya baru saja memasuki dan memulai tahap 3.5G atau yang biasa disebut sebagai HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang mampu memberikan kecepatan akses hingga 3.6 Mb/s (termasuk koneksi pita lebar - broadband connection). Berkaitan dengan teknologi 4G, SIP adalah protokol inti dalam internet telephony yang merupakan evolusi terkini dari Voice over Internet Protocol maupun Telephony over Internet Protocol.
Keunggulan dari teknologi wireless :
1. Biaya pemeliharannya murah (hanya mencakup stasiun sel bukan seperti pada jaringan kabel yang mencakup keseluruhan kabel)
2. Infrastrukturnya berdimensi kecil, pembangunannya cepat, mudah dikembangkan (misalnya dengan konsep mikrosel dan teknik frequency reuse), mudah & murah untuk direlokasi dan mendukung portabilitas.
Processor Telekomunikasi
Ada beberapa macam processor telekomunikasi, diantaranya :
1. Modem
Modem adalah suatu processor telekomunikasi yang paling umum digunakan. Modem mengubah sinyal digital dari computer atau terminal pengirim menjadi frekuensi analog yang dapat ditransmisikan melaui saluran telefon, dan begitu juga sebaliknya mengubah data analog menjadi data digital.
Proses ini di kenal dengan  modulasi dan demodulasi yang diterangkan oleh gambar berikut







2. Multiplexer
Multiplexer adalah prosesor telekomunikasi yang mengijikan saluran komunikasi tunggal untuk membawa data transmisi simultan dari berbagai terminal. Pada dasarnya, multiplexer menggabungkan transmisi dari beberapa terminal pada akhir saluran telekomunikasi.processor telekomunikasi yang mengizinkan saluran komunikasi tungal untuk membawa data transmisi simultan dari berbagai saluran.Pada dasarnya multiplexer menggabungkan transmisi dari beberapa terminal pada akhir saluran telekomunikasi.
3. Private Branch Exchange (PBX)
Private Branch Exchange adalah processor komunikasi yang memberi pelayanan sebagai alat pengubah saluran telepon di area kerja dengan saluran telepon local perusahaan. Saat ini PBX telah menjadi alat elektronik yang dibangun dalam mikroprosesor dan tersimpan didalamnya. Beberapa jenis PBX dapat mengontrol komunikasi di sekitar wilayah pusat, computer, dan processor telekomunikasi lain dalam suatu jaringan di suatu kantor atau tempat kerja lain.




Software Telekomunikasi 
Software telekomunikasi adalah software yang berguna dalam proses komunikasi elektronik, khususnya yang menggunakan transmisi audio dalam beberapa cara. Ada berbagai software yang dirancang untuk menangani telekomunikasi fungsi dalam berbagai pengaturan, mulai dari software sederhana yang diinstal dan digunakan oleh pengguna, hingga software yang digunakan untuk mengendalikan fungsi seluruh jaringan. Tergantung dari tujuan software, mungkin akan digunakan untuk menggerakkan perangkat wireless maupun yang digunakan untuk menggerakkan fiber optic. Salah satu contohnya adalah program instant messaging seperti Yahoo Messenger.
Protokol dan Arsitektur Jaringan
Protokol adalah sebuah set standar dari aturan dan prosedur untuk mengendalikan komunikasi didalam jaringan. Standar-standar ini diperuntukkan hanya pada satu peralatan manufaktur saja atau satu macam jenis telekomunikasi.Bagian dari tujuan jaringan arsitektur telekomunikasi adalah untuk menciptakan suatu standarisasi lebih dan kecocokkan diantara protocol komunikasi.
Tujuan dari arsitektur jaringan adalah untuk mengenalkan sebuah keterbukaan, simple, fleksibel dan lingkungan telekomunikasi yang efisien. Hal ini akan menjadi sempurna dengan penggunaan protocol standar. Standar komunikasi yang berhubungan langsung antara hardware dan software, dan desain standar hubungan antara pengguna dan system computer.

Alternative Bandwitdh
Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.Lebar pita atau kapasitas saluran informasi.Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik.
Dikenal juga dengan perbedaan atau interval, antara batas teratas dan terbawah dari suatu frekuensi gelombang transmisi dalam suatu kanal komunikasi.Satuan yang digunakan Hertz untuk sirkuit analog dan detik dalam satuan digital.Jalur lebar analog diukur dalam unit Hertz (Hz) atau kitaran second.
Jalur lebar digital pula merujuk kepada jumlah atau volume data yang dilewatkan melalui satu saluran komunikasi yang diukur dalam unit bit per second (bps) tanpa melibatkan gangguan.
Istilah lebar jalur (bandwith) sepatutnya tidak dikelirukan dengan istilah jalur (band), seperti pada telepon tanpa kabel, contohnya beroperasi pada jalur 800MMHz. Lebar jalur ialah ruang yang digunakan pada jalur tersebut.Dalam komunikasi tanpa wayar, ukuran atau lebar jalur salurannya memberi kesan kepada transmisi. Sejumlah data yang mengalir melalui satu saluran sempit mengambil masa yang lebih lama berbanding sejumlah data yang sama apabila mengalir menerusi satu saluran yang lebih lebar. 
Alternatif Switching
Telepon biasa dihubungkan dengan sirkuit switching, dimana sebuah sirkuit dimasukan untuk mendirikan sebuah saluran diantara pengirim dan penerima dan selalu terbuka sampai sesi/ bagian komunikasi menjadi lengkap. Dalam pesan Switching, pesan mentransmit sebuah blok(Block) pada waktu yang sama dari switching satu ke lainnya. Metode ini disebut Store and Forward transmision. Karena pesan akan disimpan oleh alat Switching sebelum ditransmisi.
Komunikasi Data, adalah komunikasi dimana source adalah data. Transmisi suara dapat saja dijadikan transmisi data jika informasi suara tersebut dirubah (dikodekan ) menjadi bentuk digital. 
Network Interoperability
Jaringan Interoperabilitas adalah terus kemampuan untuk mengirim dan menerima data interkoneksi antara jaringan memberikan tingkat kualitas yang diharapkan oleh pengguna akhir pelanggan tanpa dampak negatif dengan mengirim dan menerima atau jaringan.
Jaringan Interoperabilitas adalah fungsional antar operator yang bekerja di antara atau multi-vendor, multi-operator antar-koneksi (yaitu, node-ke-node, atau jaringan-untuk-jaringan) yang bekerja di bawah kondisi normal dan stres, dan per standers yang berlaku, persyaratan, dan spesifikasi.

Contoh kasus
Banyak perusahaan menggunakan jaringan karena memiliki beberapa keuntungan antara lain :
1. Menggunakan sumber daya secara bersama-sama (reseorce sharing). Dalam jaringan komputer satu buah printer dapat digunakan secara bersama-sama tanpa mencabut atau memindahkan printer dari komputer satu ke komputer yang lainnya (printer sharing). Misalnya di ruang tata usaha terdapat 5 PC dan 1 printer, maka dengan adanya jaringan komputer 1 printer dapat digunakan secara bersama oleh 5 PC tersebut.
2. Menghemat uang Adanya jaringan komputer dapat menghemat uang. Seperti contoh diatas; 1 printer dapat digunakan oleh 5 PC. Misalnya saja, setiap staff di ruangg tata usaha yang menggunakan komputer membutuhkan printer, sedangkan 1 printer harganya Rp. 500.00,-, bisa dihitung! Andaikan tidak ada jaringan komputer maka diperlukan 5 buah printer itu artinya 5 x Rp. 500.000,- = Rp. 2.500.000,-. Itu artinya perusahaan atau sekolah dapat menghemat Rp. 2.000.000,-. Contoh lain; sebuah kantor memiliki 5 PC dan akan dihubungkan ke internet. Untuk koneksi internet menggunakan telkom Speedy, kantor harus mengeluarkan dana Rp. 750.000,- per satu line (titik), jika tidak ada LAN tentunya kantor harus berlangganan 5 line speedy itu artinya kantor harus mengeluarkan dana 5 x Rp. 750.000,- = Rp. 3.750.000,- Akan tetapi dengan memanfaatkan LAN, koneksi internet dapat disharing (internet sharing) dan kantor cukup berlangganan satu titik speedy saja sehingga menghemat biaya Rp. 3.000.000,-. 
3. Reliabilitas yang tinggi. File-file dapat disimpan di semua komputer yang tersambung dalam jaringan, sehingga apabila terjadi kerusakan pada satu komputer, file tersebut masih dapat dipakai karena masih tersimpan pada komputer yang lain.

4. Mempermudah proses komunikasi   Teknologi jaringan seolah benar-benar mempendek jarak, kita tidak lagi menganggap jauh teman kita yang ada di luar negeri karena kita dapat berkomunikasi dengan teks menggunakan NetMetting, Yahoo Messager, MiRC, atau Facebook atau berkomunikasi secara Audio-Visual menggunakan Skype, Yahoo Messager (Video Calling) tentunya dengan biasa yang murah. Contoh lain; kita dapat memanfaatkan e-mail untuk mengirim surat dengan waktu yang singkat dan biaya yang sangat murah.