Friday, March 28, 2014

: Diskusi Pert. GSLC ; Social Network"

materi diskusi kita minggu ini adalah jejaring social, kita mulai dari kisah ini:
Ternyata hubungan sosial seperti berteman, memiliki keluarga, bertetangga, dan sekolah (kuliah), bisa meningkatkan peluang bertahan hidup sampai 50 persen. Sebaliknya, mereka yang cenderung penyendiri atau hubungan sosialnya kurang baik punya risiko buruk. Bahkan digambarkan risikonya lebih bahaya dibanding orang yang tak suka olahraga, dan dua kali berisiko dibanding orang yang memiliki kelebihan berat badan. Pendapat itu didapat dari hasil penelitian yang baru-baru ini diluncurkan oleh Brigham Young University, Utah, Amerika Serikat. Para peneliti di universitas itu menganalisis data dari 148 orang responden dan mengukur frekuensi interaksi mereka dengan lingkungan sosialnya. Mereka juga mencatat rekam jejak kesehatan mereka selama kurun waktu 7,5 tahun.
Dari sanalah mereka mendapat kesimpulan bahwa orang yang interaksi sosialnya baik memiliki peluang bertahan hidup 50 persen lebih baik dari mereka yang interaksi sosialnya buruk. Jadi, memiliki banyak teman tak hanya bagus secara psikologis, tetapi baik juga untuk kesehatan fisik. Meskipun berteman atau bersosialisasi juga memiliki efek negatif namun tertutupi oleh manfaatnya. Tak dijelaskan apakah interaksi sosial itu merupakan interaksi langsung (bertemu langsung) atau termasuk juga berinteraksi melalui sosial network dunia maya (internet). Namun yang jelas, baik pertemanan di kalangan orang dewasa maupun anak-anak, efeknya sama. Karena itu, mari perbanyak teman agar kita meningkatkan daya tahan hidup!
1. Menurut pendapat anda  Apa itu jejaring social dan benarkah hubungan sosial seperti berteman, memiliki keluarga, bertetangga, dan sekolah (kuliah), bisa meningkatkan peluang bertahan hidup sampai 50 persen. Mengapa?? (jelaskan alasan atau argument jawaban anda tersebut)
2. Bagaimana cara anda membangun jejaring social dan apa fungsinya jejaring social itu bagi anda?
3. Apa saja yang menjadi penghalang / penghambat bagi anda dalam membangun sebuah jejaring social dan Strategi apa yang akan anda buat untuk membangun jejaring social yang efektif dan bermanfaat bagi masa depan anda.
Demikian topic pertama / topic wajib diskusi kita hari ini .
Selamat berdiskusi, God Bless You.

1. Menurut pendapat anda  Apa itu jejaring social dan benarkah hubungan social seperti berteman, memiliki keluarga, bertetangga, dan sekolah (kuliah), bisa meningkatkan peluang bertahan hidup sampai 50 persen. Mengapa?? (jelaskan alasan atau argument jawaban anda tersebut)
Menurut pendapat saya, jejaring social adalah sebuah media, fasilitas, aplikasi maupun program yang fungsinya bisa mempersatukan satu individu dengan individu lainnya, atau mempersatukan suatu kelompok dengan kelompok lainnya secara tidak langsung (chatting, video message, email, dll) sehingga mereka dapat berkomunikasi atau melakukan kegiatan sosial.
Menurut pengalaman saya, memang benar melakukan kegiatan bersosialisasi seperti berteman, memiliki keluarga, bertetangga, dan sekolaj (kuliah), bisa memperpanjang umur. Beberapa aspek berkomunikasi yang berhubungan dengan aspek lain adalah kesehatan, pekerjaan, hubungan maupun status sosial. Beberapa contoh hubungan sosial dalam bekerja yang bersangkutan dengan aspek kesehatan, seorang pekerja yang memiliki banyak teman jatuh sakit keras dan tidak sanggup mebiayai rumah sakit, karena ia memiliki banyak teman kerja maka teman-teman kerjanya membantu finansial satu orang temannya yang sedang sakit parah, tanpa bantuan doa dan finansial dari teman-temannya mungkin saja orang itu dapat meninggal atau stress karena harus membayar uang rumah sakit dan operasi yang mahal.
Namun, di sisi lain, hubungan sosial juga harus memperhatikan aturan atau norma sosial, jangan berbuat sesuatu yang melanggar norma atau melakukan kesenjangan sosial ( clubbing, party, obat-obatan, mabuk-mabukan, balapan) karena dapat merugikan diri sendiri apabila terlalu terbawa kegembiraan dengan teman-teman sehingga lupa untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
2. Bagaimana cara anda membangun jejaring social dan apa fungsinya jejaring social itu bagi anda?
Cara saya membangun jejaring social adalah:
-Aktif di kelas saat pelajaran untuk menjaga hubungan dosen dan mahasiswa
-Aktif berorganisasi untuk menjaga hubungan sosial mahasiswa yang satu dengan yang mahasiswa yang lain.
-Mengikuti acara keagamaan yang rutin agar kegiatan sosial yang dilakukan tidak melanggar norma agama yang berlaku.
-Meningkatkan kepribadian melalui pengalaman dan instropeksi diri untuk belajar lapang dada, rendah hati, tidak sombong, dan tenggang rasa untuk lebih mengenal individu lain.
Fungsi jejaring social adalah :
-Memperluas jarak atau hubungan komunikasi jarak jauh secara lokal maupun internasional agar temna yang terpisah oleh jarak bisa tetap berhubungan scara maya atau melalui jaringan sosial.
-Memperluas wawasan untuk mengenal teman baru dan pengalam baru.
-Untuk mempersatukan suatu kelompok atau individu agar suatu pendapat atau opini yang sama dapat dipertemukan dalam suatu forum atau jejaring sosial.
3. Apa saja yang menjadi penghalang / penghambat bagi anda dalam membangun sebuah jejaring social dan Strategi apa yang akan anda buat untuk membangun jejaring social yang efektif dan bermanfaat bagi masa depan anda.
Menurut saya penghambat/penghalang dalam membangun jejaring social adalah :
-Terkadang kita terlalu egois dan sibuk untuk bekerja sehingga lupa untuk meluangkan waktu untuk berkomunikasi.
-Kurang percaya diri atau terlalu menutup diri untuk mengenal sesuatu yang baru.
-Stereotipe serta ajaran-ajaran kuno yang membedakan ras, status sosial, dan agama terkadang masi melekat di kalangan-kalangan muda jaman sekarang.
-Kurangnya sumber pengetahuan atau teknologi untuk melakukan komunikasi jaringan sosial.
Strategi saya dalam membangun jejaring social yang efektif dan bermanfaat adalah :
-Belajar untuk lebih bisa membagi waktu antara berteman/berkomunikasi dan bekerja.
-Belajar untuk meningkatkan kepribadaian melalui character building
-Lebih percaya diri untuk membuka dan menerima sesuatu yang baru.

1 comment: