Wednesday, January 29, 2014

E-business: Electronic Business Value

coba kalian diskusikan beberapa pertanyaan di bawah ini:

1. Berikan penjelasan mengenai perbedaan antara e-business dan e-commerce?
2. Keuntungan dan kerugian dari e-business?
3. Jelaskan mengenai tantangan apa saja pada e-business?
4. Pada pokok bahasaan kali ini di jelaskan bahwa knowlege-based dibagi menjadi 2 kategori, sebutkan, jelaskan dan berikan contoh nya!
1. Berikan penjelasan mengenai perbedaan antara e-business dan e-commerce?
    Jika E-Commerce atau Electronic Commerce atau EC menjelaskan suatu proses dari penjualan, pembelian, transfer, melayani atau pertukaran produk, jasa atau informasi lewat jaringan komputer termasuk internet,  E-Business atau Electronic Businessmengarah kepada pengertian yang luas dari EC atau Electronic Commerce, tidak hanya membeli atau menjual barang dan jasa tetapi juga pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner business, memimpin E-Learning, dan memimpin transaksi elektronik didalam suatu organisasi.
   
2. Keuntungan dan kerugian dari e-business?
•    Ada 5 keuntungan yang ditawarkan oleh e-business, yaitu:
    a. Efficiency-efisiensi
    Sebuah riset menunjukkan bahwa kurang lebih 40% dari total biaya operasional perusahaan diperuntukkan bagi aktivitas penyeberan informasi ke divisi-divisi terkait. Dengan dimanfaatkannya e-business maka terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurangi total biaya operasional. Contohnya : bagaimana fasilitas email dapat mengurangi biaya komunikasi pengiriman dokumen ke rekan bisnis.
    b. Effectiveness-efektifitas
    Dengan dimanfaatkannya e-business, perusahaan dapat berhubungan dengan klien dan  customer kapan saja dan dimana saja, serta dapat membantu perusahaan melakukan  pelayanan transaksi barang dan jasa. Contoh: Transaksi jual beli melalui website perusahaan dan konsultasi produk/jasa pada customer melalui social media.
    c. Reach-Jangkauan bisnis
    Perusahaan mampu memperluas jangkauan dan ruang gerak dalam mengembangkan bisnis perusahaan dengan mudah(menembus batas ruang dan waktu) dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal. Contoh: jika penjualan di toko terbatas pada jam 8 pagi hingga 5 sore, dengan e-business perusahaan dapat menjangkau customer kapan saja dan dimana  saja dengan adanya jaringan komunikasi/jaringan komputer.
    d. Structure-Struktur
    Terdapat perubahan pada struktur proses bisnis perusahaan yaitu yang semula  menggunakan konsep transaksi secara offline/fisik (biasa disebut konsep:brick and mortar- perusahaan menjual produk/jasa secara langsung melalui toko), menjadi transaksi secara offline-online(biasa disebut konsep: click and mortar-perusahaan melakukan integrasi     pendekatan bisnis secara online dan offline/fisik ). 
    e. Opportunity-Kesempatan bisnis
    Semakin terbukanya peluang yang lebar bagi pelaku bisnis untuk berinovasi menciptakan produk-produk atau jasa-jasa baru. Contoh: Perusahaan Samsung dapat berinovasi dalam mengembangkan produknya berdasarkan permintaan customer melalui forum resmi Samsung.

•    Ada beberapa kerugian dari e-business:
    a. Tidak ada jaminan keamanan
    Dalam melakukan transaksi secara online, biasa customer perlu untuk mengisi email, data pribadi dan kontak. Hal inilah yang menjadi sasaran pihak lain yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data customer dan menyalahgunakannya. Apalagi tidak ada jaminan keamanan yang pasti bagi customer dalam melakukan transaksi jual beli secara online. 
    b.Integritas perusahaan dipertanyakan
    Ada beberapa situs jual beli online yang menuliskan bahwa mereka tidak akan memberikan data pribadi customer mereka kepada pihak lain. Namun, integritas perusahaan ini biasanya akan dipertanyakan oleh customer, karenakadang ada perusahaan yang menjual data pribadi customer demi keuntungan perusahaan sendiri.
    c. Sistem harus diupgrade
    Sistem e-business perlu diupgrade atau diupdate demi memastikan pelayanan transaksi yang maksimal. Maka perusahaan harus memberikan perhatian extra terhadap sistem e-business mereka, karena jika tidak sistem akan terbengkalai dan customer/klien enggan untuk menggunakan sistem/mengunjungi website kita.
    d. Momentary Intangibility
    Maksud dari momentary intangibility adalah jika customer melakukan transaksi pembelian online maka mereka tidak dapat mencoba barang yang mereka beli secara langsung. Customer tidak dapat meraba, merasakan, dan mencoba barang yang akan mereka beli sebelum membuat keputusan untuk membeli produk tersebut.

3. Jelaskan mengenai tantangan apa saja pada e-business?
a.Komitmen manajemen dan  pengelolaan teknologi informasi
Dalam melakukan e-business, diperlukan komitmen tinggi dari manajemen perusahaan untuk bersedia mengelola sistem dan teknologi informasi e-business secara rutin karena teknologi dan jaringan terus berkembang dari waktu ke waktu dengan cepat. Sehingga sistem dan teknologi pendukungnya dapat bekerja dengan baik dan tidak mengecewakan customer/klien.
b. Integrasi teknologi dengan proses bisnis perusahaan.
Sebelum menerapkan e-business, perusahaan harus memastikan bahwa e-business akan mendukung proses bisnis perusahaan dengan teknologi yang sesuai. Jangan sampai karena sumber daya yang kurang dan tidak ada integrasi dengan proses bisnis, perusahaan kewalahan untuk mengurus sistem e-business dan proses bisnis perusahaan seperti penjualan secara fisik melalui agen terbengkalai.
c.  Keamanan
Salah satu faktor terbesar yang dapat mendukung kepuasan customer adalah keamanan. Dimana perusahaan harus membuat pengamanan sistem e-business yang baik sehingga customer tidak ragu untuk melakukan transaksi. Contoh: adanya fitur login user pada website perusahaan.
d. Kualitas Pelayanan
Dalam penerapan e-business, perusahaan harus memastikan bahwa fitur sistem sesuai dengan apa yang diinginkan customer,klien maupun internal perusahaan sendiri, dan memaksimalkan pelayanan transaksi /komunikasi dengan customer/klien. Sehingga customer dan klien lama akan loyal pada perusahaan dan mampu menarik customer dan klien baru.
4. Pada pokok bahasan kali ini di jelaskan bahwa knowlege-based dibagi menjadi 2 kategori, sebutkan, jelaskan dan berikan contoh nya!
a. Tacit Knowledge.
Tacit Knowledge merupakan pengetahuan yang tidak mudah dideskripsikan dan dibagikan, Ini berupa pengalaman dan keahlian dari orang-orang yang belum terdokumentasi, pengetahuan berkembang dalam interaksi dengan orang lain.  Contoh : Pengetahuan yang didapat dari pembicara seminar.
b. Explicit Knowledge.
Merupakan pengetahuan yang formal, sistematis dan mudah untuk dikomunikasikan dan dibagi. Ini merupakan pengetahuan yang terdapat pada buku, referensi atau lainnya. Pengetahuan berkembang dari pengaturan isi dari informasi yang ada. Contoh: Pengetahuan yang tertera pada jurnal ilmiah yang dibagikan kepada mahasiwa.

2 comments: