Friday, May 31, 2013

FUNCTIONAL BUSINESS SYSTEM


Sebelum Membahas tentang Sistem Bisnis Fungsional kita harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi. Sistem Informasi adalah aplikasi/ program untuk melaukan proses-proses bisnis dari proses manual menuju ke proses komputerisasi. Lalu Management Sistem Informasi itu apa?, Managemet Sistem Informasi adalah sistem informasi yang berada di atas sistem informasi TPS, sesuai dengan namanya, sistem ini digunakan untuk manager yang fungsinya untuk mengambil keputusan, memberikan informasi yang sifatnya rutin, dan menghasikan laporan dari data-data yang telah dikumpulkan oleh TPS. Dan Sistem Informasi yang Fungsional itu apa?,  Sistem Informasi Fungsional adalah sebuah sistem informasi yang dipakai 1 depatemen dan aktivitas dalam sebuah perusahaan atau organisasi, karena diperuntungan oleh 1 departemen, maka skala dari sistem informasi fungsional ini berskala kecil.
Mari kita masuk ke Sistem Bisnis Fungsional, Sistem Bisnis Fungsioanl adalah Suatu Sistem Informasi yang digunakan untuk memberikan sejumlah informasi yang berhubungan dengan Bisnis pada suatu perusahaan kepada sekelompok orang pada bagian - bagian tertentu pada Perusahaan tersebut.
Penggunaan Sistem Bisnis jika dilihat dari sudut pandang Fungsional, Perlu diketahui bahwa sistem – sistem informasi fungsional tidak berdiri sendiri secara fisik. Sistem – sistem informasi ini berbagai sumber daya dalam organisasi. Dalam sistem informasi perusahaan sistem – sistem informasi fungsional ini berkedudukan sebagai sub sistem – sub sistem.sistem ini biasanya digunakan atau terletak di departemen khusus Seperti Departemen Akuntansi dan Keuangan, Marketing and Selling (pemasaran dan Penjualan), Manufacturing (Produksi), dan Human Resource (Sumberdaya).
Sistem Informasi
Keterangan
Sistem Informasi Akuntansi
Sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh bagian akuntansi ( departemen atau bagian akuntasi ). Sistem ini mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan dalam perusahaan.
Sistem Informasi Keuangan
Sistem informasi yang menyediaklan informasin pada bagian keuangan ( departemen atau bagian keuangan ). Yang menyangkut keuangan perusahaan. Misalnya berupa ringkasan arus kas ( cash flow dan informasi pembayaran ).
Sistem Informasi Marketing and Selling (pemasaran dan Penjualan)
Sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh Bagian pemasaran dan Penjualan. Misalnya berupa rangkaian penjelasan.
Sistem Informasi Manufacturing (Produksi)
Sistem informasi yang bekerja sama dengan sistem informasi lain untuk mendukung manajemen perusahaan ( baik dalam hal perencanaan maupun pengendalian ). Dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Misalnya berupa data bahan mentah, profil vendor baru dan jadwal produksi.
Sistem Informasi Human Resource (Sumber daya manusia)
Sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh bagian personalia. Misalnya berisi informasi gaji, ringkasan pajak dan tunjangan – tunjangan hingga kinerja pegawai.
Penggolongan sistem – sistem informasi fungsional sering kali didasarkan pada perspektif yang berbeda. Semua informasi, selain sistem informasi akuntansi, dianggap sebagai sistem informasi manajemen.
Mari kita masuk dan bahas satu persatu :
Sistem Informasi Akuntansi dan Keuangan

information system accounting

auditing information system

  Sistem informasi akuntasi merupakan sistem informasi yang paling tua dan paling banyak digunakan dalam bisnis. Bodnar dan Hopwood ( 1993 ) Mendefinisikan sistem informasi akuntasi sebagai kumpulan sumber daya yang dirancang untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi. Gelinas, Orams dan Wiggins ( 1997 ) Mendefinisikannya sebagai sub sitem khusus dari sistem informasi menajemen yang tujuannya adalah menghimpun, memproses, dan melaporkan informasi yang berkaitan informasi keuangan.
Melihat dari nama sistem informasi tersebut, maka sistem ini digunakan untuk departemen/bagian organisasi keuangan yang terdiri dari 2 sub yaitu sub accounting dan finance yang isinya dapat melakukan perencanaan keuangan, mengatur alokasikan dana, melakukan management investasi yang di dalamannya dapat melakukan analisis finansial dan mengakses ke laporan ekonomi dan finansial. Selain itu dapat melakukan kontrol keuangan yang di dalamanya berfungsi untuk kontrol anggaran, pemeriksaan, analisis kesehatan keuangan, san analiisis keuntungan.
Fungsi dan kegunaan dari Keuangan dan Akuntansi dan Pemakaian Sistem tersebut Bagi management adalah:
·         Fungsi keuangan bertanggung jawab mengelola asset keuangan perusahaan seperti uang tunai, obligasi dan investasi lainnya untuk memaksimalkan pengembalian atas asset ini.
·         Fungsi akuntansi bertanggung jawab menjaga dan mengelola catatan keuangan perusahaan –penerimaan, pembayaran, depresiasi, penggajian- untuk menghitung arus dana dalam perusahaan.
·         Manajemen senior menggunakan sistem keuangan dan akuntansi untuk menetapkan sasaran investasi jangka panjang untuk perusahaan dan untuk memberikan peramalan jangka panjang mengenai kinerja keuangan perusahaan.
·         Manajemen tingkat menengah menggunakan sistem keuangan dan akuntansi untuk mengamati dan mengendalikan sumber daya keuangan perusahaan.
Sistem Akuntansi dan Keuangan memiliki fokus pada:
·         Mentransformasikan data keuangan menjadi informasi
·         Menghimpun, memproses, dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan.

Sistem Informasi Marketing and Selling (Pemasaran dan Penjualan)
marketing information system

Sistem informasi pemasaran adalah sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi pemasaran dan Penjualan. Sistem ini mendukung keputusan yang berkaitan dengan bauran pemasaran ( marketing mix ), yang mencakup :
·         Produk ( barang dan jasa ) yang perlu ditawarkan
·         Tempat yang menjadi sasaran pemasaran
·         Promosi yang perlu dilakukan
·         Harga produk
Fungsi dan Kegunaan dari sistem ini bagi para Manager adalah :
·         Fungsi penjualan dan pemasaran bertanggung jawab dalam menjual produk atau jasa organisasi. Pemasaran mengenali pelanggan produk atau jasa perusahaan, menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan, merencanakan dan mengembangkan produk, dan mengiklankan serta mempromosikan produk dan jasa tersebut. Penjualan berkaitan dengan menghubungi pelanggan, menjual produk dan jasa, mengambil pesanan, dan melanjutkan penjualan.
·         Fungsinya dari sistem ini yaitu utamanya yaitu untuk kegiatan ditribusi barang, kemudian bagian pemasaran biasanya dilakukan oleh costumer service. Selain itu sistem ini juga mendukung untuk melakukan tele marketing (melakukan marketing jarak jauh); Distribution Chanel; dan ada juga medukung untuk Marketing Management.
·         Sistem penjualan dan pemasaran membantu manajemen senior untuk mengawasi pergerakan yang mempengaruhi produk baru dan kesempatan penjualan, mendukung perencanaan untuk produk dan jasa yang baru, dan mengawasi kinerja pesaing.
·         Sistem penjualan dan pemasaran membantu manajemen menengah dengan mendukung penelitian pasardan dengan menganalisis kampanye periklanan dan promosi, keputusan penetapan harga, dan kinerja penjualan.
Sistem Marketing and Selling (Pemasaran dan Penjualan) memiliki fokus pada :
·         Perencanaan, promosi, dan penjualan produk yang ada di pasar yang ada
·         Pengembangan produk baru dan pasar baru
·         Lebih Menarik, Melayani Sekarang dan Potensial dari Pelanggan
Ada yang namanya Pemasaran Interaktif  apa itu?
·         Sebuah proses pemasaran yang berfokus pada pelanggan
·         Menggunakan internet, intranet, dan extranet
·         Menetapkan dua arah transaksi antara bisnis dan pelanggan atau pelanggan potensial
Tujuan dari Pemasaran Ini adalah :
·         Menguntungkan menggunakan jaringan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan
·         Dapatkan pelanggan untuk membantu menciptakan, membeli, dan meningkatkan produk dan layanan
Ada juga yang namanya Target Pemasaran apa itu?
Target Pemasaran adalah Sebuah iklan dan promosi konsep manajemen dengan lima komponen penargetan.
Komponent dari Target Pemasaran adalah :
·         Komunitas: iklan disesuaikan untuk menarik komunitas virtual yang spesifik
·         Isi: iklan yang ditempatkan pada berbagai situs web yang dipilih, ditujukan untuk khalayak tertentu
·         Konteks: iklan yang ditempatkan pada halaman web yang relevan dengan produk atau jasa
·         Demografi / psikografis: web pemasaran ditujukan jenis atau kelas orang-orang tertentu
·         Perilaku online: promosi disesuaikan dengan setiap kunjungan ke sebuah situs oleh seorang individu.
Sistem Informasi Manufacturing(Produksi)

manufacturing information system

Sistem informasi manufaktur merupakan sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi, yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.
Sistem manufaktur dan produksi berhubungan dengan perencanaan, pengembangan dan pemeliharaan fasilitas produksi, penetapan sasaran produksi, dan penjadwalan peralatan, fasilitas, bahan baku, dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membentuk produk akhir.
Kebanyakan sistem manufaktur dan produksi menggunakan sejenis sistem persediaan. Sistem membuat laporan yang memberikan informasi mengenai hal-hal seperti jumlah setiap barang yang tersedia, jumlah unit dari setiap barang untuk dipesan kembali, atau barang pada persediaan yang harus diisi kembali. Sehingga perusahaan dapat menggunakan formula untuk menghitung kuantitas yang paling tidak mahal untuk dipesan kembali yang disebut dengan jumlah pemesanan ekonomis ( economic order quantity).
Fungsionalitas dari sistem ini yaitu dapat mencatat kegiatan produksi yang didalamnya ada modul management logistic dan material yang dapat melakukan pengelolaan stok, kontrol kualitas agar barang dapat dihasilkan sesuai dengan yang ditetapkan.
Berbagai istilah lain sering kali digunakan sebagai pengganti sistem manufaktur menurut McLeod tahun 1998, antara lain:
·         ROP ( Reorder Point ), yakni suatu sistem yang mendasarkan keputusan pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali ( reorder point ). Merupakan sistem informasi manufaktur yang paling sederhana.
·         MRP ( Material Requirements Planning ), yakni suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi.
·         MRP II ( Material Requirements Planning ), yakni suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada bengkel kerja ( Shop Floor Operation ). Sistem ini tidak mengontrol mesin dalam bengkel kerja, melainkan sistem informasi ini hanya mencoba memperkecil sediaan dan mempekerjakan mesin secara efektif.
·         JIT ( Just – In – Time ), yaitu suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba dibengkel kerja pada saat diperlukan atau “ tepat pada waktunya “ ( Just – In – Time ).
·         CIM ( Computer Integrated Manufacturing ) merupakan suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan proses manufaktur yang luwes, cepat dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi secara efisien.
Semula istilah yang disebutkan diatas yang dipakai untuk mengelola proses produksi, dan melibatkan informasi.
Disini kita akan bahas mengenai CIM (Computer Intergrated Manufacturing), CIM diimplementasikan dengan cara sebagai berikut, menurut O’brien tahun 2001:
·         Menyederhanakan proses produksi.
·         Mengotomasikan proses – proses produksi dan fungsi – fungsi bisnis yang mendukungnya.
·         Mengintegrasikan seluruh proses produksi dan pendukungnya dengan memakai computer jaringan komunikasi dan teknologi informasi yang lain.
CIM Memiliki sistem sebagai berikut:
·         Computer-aided manufaktur (CAM)
o   Mengotomatisasi proses produksi
·         Sistem eksekusi manufaktur (MES)
o   Kinerja sistem informasi monitoring? Untuk operasi lantai pabrik
·         Proses Kontrol
o   Kontrol proses fisik yang sedang berlangsung
·         Mesin Kontrol
o   Mengontrol tindakan mesin
Berkaitan dengan Produksi disini dikenal ada beberapa nama Sistem sebagai berikut:
Sistem
Keterangan
CAD ( Computer aided design )
Sistem yang menggunakan computer untuk merancang suatu produk ( mobil, kapal )
CAE ( Computer aided engineering )
Sistem yang dirancang untuk menganalisa karakteristik dari suatu desain yang dipakai untuk mensimulasikan kinerja produk dibawah kondisi yang berbeda – beda dengan tujuan untuk mengurangi kebutuhan membuat prototype ( Martin, 2002 ).
CAM ( Computer aided manufacturing)
Sistem berbasis computer yang digunakan untuk suatu proses produksi.

Masalah
Konsekuensi
CAPP ( Computer aided process planning )
Sistem yang digunakan untuk merencanakan urutan proses untuk memproduksi untuk merakit suatu komponen.

SISTEM INFORMASI HUMAN RESOURCES(SUMBER DAYA MANUSIA)
human resource information system

Sistem Informasi yang menyediakan informasi karyawan dan seluruh pegawai pada suatu perusahaan yang memuat tentang : Sistem Penggajian, Riset SDM, Intelijen SDM, Perencanaan SDM, Sistem Perekrutan, Manajemen Tenaga Kerja, Pelaporan Lingkungan, Sistem Akuntansi, dan Sistem Manajemen Keuangan.
Sistem informasi Sumber Daya Manusia bisa disebut HRIS. Selain HRIS, sering juga dipakai istilah HRMIS ( Human Resource Management Information System ) dan HRMS ( Human Resource Management System ).
Fungsi dan kegunaannya bagi management dari Sistem Informasi Human Resouces antara lain sebagai berikut:
·         Fungsionalitasnya seperti penerimaan tenaga kerja yang mendukung kegiatan untuk mengecek posisi pada perusaahan yang kosong, mengiklankan posisi tersebut, dan seleksi karyawan. Selain itu dapat mendukung proses pemeliharan dan pengembangan karyawan dengan memantau skill karyawan. Jika skill karyawan tersebut kurang, bagian personalia dapat melakukan training untuk meningkatkan skill karyawan. Kegiatan lain yang berkaitan dengan bagian personalia adalah perencanaan mutu  SDM, memantau masalah gaji atau tunjangan karyawan.
·         Fungsi sumber daya manusia bertanggung jawab untuk menarik, mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja perusahaan. Sistem infomasi sumber daya manusia mendukung aktifitas seperti mengenali karyawan potensial, menjaga catatan lengkap mengenai karyawan yang ada, dan menciptakan program untuk mengembangkan bakat dan keahlian karyawan.
·         Sistem sumber daya manusia membantu manajemen senior mengenali kebutuhan sumber daya manusia untuk memenuhi rencana bisnis jangka panjang perusahaan.
·         Membantu Manajemen tingkat menengah menggunkan sisitem ini untuk memonitor dan menganalisis perekrutan, penempatan dan kompensasi karyawan.





Thursday, May 30, 2013

Mengenal Bahasa pemprograman JAVA

java programing language bahasa pemprograman java

Java adalah sebuah platform teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Pertama kali di-release tahun 1991 dengan nama kode Oak. Kemudian tahun 1995 nama kode Oak diganti menjadi Java. Yang memotivasi Java dibuat adalah untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap platform (platform independent). Java dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer, seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. Hal ini kemudian Java memiliki konsep yang disebut write once run anywhere.
Untuk membangun perangkat lunak menggunakan Java maka dibutuhkan Java Development Kit (JDK). JDK release pertama tahun 1996 yaitu JDK 1.1 yang diadopsi oleh Netscape. JDK terbaru sekarang (September-tahun 2004, ketika modul ini ditulis) adalah JDK 1.4.2_3. Semua program dan dokumentasi dari JDK ini bisa di-dwonload secara gratis disitus www.sun.java.com.


Sintaks Java merupakan pengembangan dari bahasa C/C++. Berikut adalah beberapa hal tentang pemrograman Java:
  1. Bersifat protable dan platform independent. Program Java yang telah ditulis akan dapat dieksekusi di mesin apapun dan sistem operasi apapun tanpa harus mengubah sedikitpun dari program tersebut.
  2. memiliki garbage collection  yang dapat mendealokasikan memori secara otomatis.
  3. menghilangkan sifat pewarisan berganda yang terdapat pafa C++.
  4. Mengurangi pointer aritmetika. Pengaksesan lokasi memori secara langsung dengan menggunakan pointer memungkinakn program untuk melakukan suatu tindakan yang tidak seharusnya atau tidak boleh dilakukan. Untuk mengurangi kemungkinan kesalahan seperti ini penggunaan pointer pada Java telah dibatasi dengan menggunakan reference.
  5. memiliki array sejati.
  6. mengurangi kerancuan antara pemberian nilai pada statement conditional.
Selain itu Java memiliki karakteristik:
  1. Berorientasi Objek
  2. Robust
  3. Portable
  4. Multithreading
  5. Dinamis
  6. Sederhana
  7. Tredistribusi
  8. Aman
  9. Netral secar arsitektur
  10. Interpreter
  11. Berkinerja tinggi
  12. free / bebas licence
untuk lebih lanjut mungkin saya akan post kan di blog saya satu lagi http://playwjava.blogspot.com/
tapi blog tersebut juga belum jadi. Jadi untuk sementara waktu disini terlebih dahulu


Wednesday, May 29, 2013

Technorati

teknorati

Technorati adalah Blog/RSS directory, technorati sebagai blog search engine (khusus blog), technorati sebagai online borkmarking dan mungkin technorati sebagai tag aggregator. technorati merupakan service yang berfokus pada blog. 

Dengan menggunakan service ini, blog kita akan dicrawl dan disimpan dalam data blog technorati, import otomatis RSS feed blog kita, deteksi tag-tag, juga link dari blog lain menuju blog kita. 
Fokus kali ini adalah kepada cara mendaftar dan claim blog di technorati. Dan berikut ini adalah proses daftar technorati, hingga selesai proses validasi code token technorati:

Pertama Anda harus membuat account terlebih dahulu, buka link pendaftaran disini!

Lengkapi datanya dengan baik, gunakan email yang aktif, dan jangan lupa isi captcha dan isi centang agreement-nya, lalu klik “Join” Untuk melakukan aktifasi, sekarang buka email yang Anda gunakan untuk mendaftar tadi Buka email dari technorati dan klik link aktifasinya, Setelah account Anda aktif, cari dan klik “sign in” untuk masuk ke halaman profil dan selanjutnya melakukan claim blog.


Mulai claim blog, dibawah profil Anda, isikan url blog pada Start a blog claim, isikan misalnya http://www.dennis-louis.blogspot.com, lalu klik “Claim”

Halaman selanjutnya, isi formulir dengan benar,

Blog tittle: isi dengan tema blog Anda, misal blog ini temanya adalah “Blog Sharing & Informasi”

URL: alamat blog, misal http://www.dennis-louis.blogspot.com/Feed: rss feed blog, boleh alamat default seperti http://dennis-louis.blogspot/feeds/posts/default, atau service pihak ketiga semisal feedburner, 

Linking blogs: disini dapat dicantumkan tiga blog yang memiliki link menuju blog Anda, boleh tidak diisi, Site description: keterangan blog, sesuaikan dengan tema blog,

Site categories: beri tanda centang pada kategori yang sesuai dengan blog Anda, Anda dapat memilih lebih dari satu kategori, 

Site tags: isi setiap sel dengan kata kunci yang berhubungan dengan isi blog Anda. Bisa satu kata maupun lebih per selnya.

Lalu klik “Proceed to next the step”Pada halaman selanjutnya, yaitu halaman blog claim status, klik tombol “Return to profile” Lihat di bawah profil Anda, sekarang blog Anda sudah terdaftar, hanya saja masih dibutuhkan verifikasi kode token. Oleh karena itu, untuk mulai claim token, klik “Check Claim” di bawah gambar thumbnail blog Anda.

Dihalaman selanjutnya dapat Anda lihat teks dengan latar biru, yaitu kode seperti ini F8ES6Y22WRPA atau bisa dicek di kotak masuk email Anda (Kode Token Setiap Blog Berbeda), adalah kode token yang harus kita tulis di halaman blog kita.

Posting sebuah artikel yang berisi kode token Anda, lalu publish. Postingan terserah, bisa halaman kosong hanya berisi kode token atau sekalian artikel seperti yang sedang Anda baca ini. Boleh kok copy paste asal dituliskan link sumber ke halaman ini.

Setelah yakin postingan itu terpublikasi, sekarang klik tombol “Verify Claim Token” pada halaman claim technorati, dan tunggu hasilnya.

dikutip dari http://tokotuaforex.blogspot.com/2012/12/cara-claim-blog-di-technorati.html

Tuesday, May 28, 2013

Electronic Commerce Fundamentals


Pengenalan mengenai Electronic Commerce(e-Commerce)
Electronic Commerce (e-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, serta informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer yaitu internet.
Saat ini bagi sebagian besar perusahaan ,e-Commerce tidak hanya memiliki fungsi untuk pembelian dan penjualan produk secara online saja.Namun memiliki fungsi lainnya seperti melakukan proses:
-Pengembangan (Developing)
-Pemasaran (Marketing)
-Penjualan (Selling)
-Menyampaikan/mengantarkan(Delivering)
-Pelayanan(Servicing)
-Membayar untuk produk dan jasa(Paying) .

E-Commerce bergantung pada sumber daya internet dan banyak teknologi informasi lainnya untuk mendukung setiap langkah dari proses ini.Sekarang ini sebagian besar perusahaan yang ada,baik kecil maupun besar,sudah menggunakan beberapa bentuk dari aktivitas e-Commerce. Oleh karena itu, mengembangkan e-Commerce telah menjadi kebutuhan kompetitif(daya saing) bagi sebagian besar bisnis yang ada dalam pasar.
E-Commerce mengubah bentuk persaingan, kecepatan tindakan, dan perampingan interaksi, serta pembayaran dari pelanggan dan dari perusahaan ke supplier.
Lingkup e-Commerce
e-comerce boundary

Gambar diatas menggambarkan berbagai proses bisnis yang terlibat dalam pemasaran ,penjualan, pembelian, serta pelayanan  produk dan jasa dalam perusahaan yang terkait  dengan e-commerce.
Sebagai contoh :
E-Commerce dapat mencakup pemasaran interaktif, pemesanan, pembayaran, dan proses dukungan pelanggan dengan  e-commerce katalog dan situs lelang pada world wide web.
Marketing/Discovery:             kolaborasi pelanggan dalam pengembangan produk melalui e-mail maupun internet newsgroup.
Transaction processing :          e-Commerce menggunakan extranet untuk mengakses database pelanggan dan pemasok .
Service and support    :mengakses  intranet dari sistem manajemen customer relationship melalui penjualan dan layanan pelanggan.

Keuntungan menggunakan e-Commerce:
·         Memungkinkan semua bisnis yang ada dalam bentuk apapun dan terletak dimana saja untuk melakukan bisnis dengan siapa saja dan dimana saja.
·         Menghilangkan hambatan geofisik sehingga menciptakan potensi pelanggan dan pemasok.
·         Mengefisienkan dan mngefektifkan waktu.
e-Commerce technologies
sistem e-comerce technologies
Ini adalah contoh sumber daya teknologi yang dibutuhkan oleh banyak sistem e-commerce .Gambar ini menunjukkan beberapa hardware,software,data,dan komponen jaringan yang digunakan oleh FreeMarkets Inc. untuk menyediakan B2B(bussiness to bussiness) .


Kategori e-Commerce
·         Business-to-Costumer (B2C)
Pada bentuk e-Commerce ini,perusahaan perlu mengembangkan pasar menjadi menarik untuk menjual produk dan jasa kepada pelanggan.
Kelebihan dari B2C adalah sebagai berikut :
1.      Konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi.
2.      Membeli dengan electronic cash dan sistem secure payment.
3.      Dapat meminta agar barang dikirimkan.
Contoh:           Virtual storefronts, multimedia catalogs, interactive order processing, electronic payment, online customer support
·         Business-to-business (B2B)
B2B adalah transaksi secara elektronik antara suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Digunakan untuk:
1.      pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
2.      pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
Dapat dilakukan melalui email maupun EDI(electronic data interchange) yaitu sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
·         Customer-to-customer (C2C)

C2C adalah model e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).

C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
Arsitektur proses e-Commerce
skema proses e-comerce
Gambar ini menguraikan sembilan komponen utama dari arsitektur proses e-commerce yang merupakan dasar dari e-commerce yang banyak digunakan perusahaan saat ini.
1.      Kontrol akses dan keamanan
Proses E-commerce harus membangun rasa saling percaya dan akses yang aman antar pihak dalam transaksi e-Commerce dengan otentikasi pengguna, otorisasi akses ,dan menegakkan fitur keamanan seperti menggunakan:
·         Nama pengguna dan password
·         Kunci enkripsi
·         Sertifikat digital dan tanda tangan

Kemudian membatasi wilayah akses pada:
·         Rekening orang lain
·         Data perusahaan
·         Wilayah administrasi webmaster

2.      Profiling dan Personalisasi
Profiling itu mengumpulkan data dan perilaku website Anda ,seperti membuat suatu profil elektronik dari karakteristik dan preferensi .Profil pengguna dikembangkan menggunakan profiling tools seperti User registration,cookie files and tracking software,User feedback.
Profiling digunakan untuk:
        Personalized (one-to-one) marketing
        Authenticating identity
        Customer relationship management
        Marketing planning
        Website management
3.      Search Management
Proses pencarian membantu pelanggan untuk menemukan produk atau jasa yang mereka mau secara spesifik.
        Paket software e-Commerce sering termasuk dalam website search engine(website pencarian).
        search engine yang telah disesuaikan mungkin didapatkan dari perusahaan seperti Google atau Requisite Technology.
        pencarian sering pada konten atau dengan  parameter.
4.      Content and Management Catalog
·         Content management software
Fungsi:membantu mengembangkan, menghasilkan, menyampaikan, memperbarui  teks arsip dan informasi multimedia pada website e-commerce.

·         Catalog management software
Fungsi:Membantu menghasilkan dan mengelola konten katalog.
Catalog and content management software bekerja dengan profiling tools untuk personalisasi konten,termasuk konfigurasi produk dan penyesuaian produk secara massal (mass customization).
5.      Workflow management
Banyak dari proses bisnis di aplikasi e-Commerce  dapat dikelola dan sebagian otomatis dengan bantuan perangkat lunak manajemen alur kerja(workflow management).
Manajemen alur keja e-bisnis dan e-commerce tergantung pada mesin perangkat lunak alur kerja yang berisikan model software dari proses bisnis.

Model Workflow menyampaikan:
- aturan bisnis
-Peran stakeholder
-Persyaratan otorisasi
-Alternatif Routing
-Database yang digunakan
-Urutan tugas

Contoh  workflow management yang digunakan oleh perusahaan Microsoft:
management workflow microsoft
6.      Event Notification
Sebagian besar aplikasi e-commerce adalah dikendalikan oleh event:

·         Menanggapi hal-hal seperti kunjungan website pertama pelanggan dan pembayaran
·         Memonitor semua proses e-commerce
·         Mencatat semua peristiwa yang relevan, termasuk situasi bermasalah
·         Memberitahu semua pemangku kepentingan(stakeholders) lainnya
·         Bekerja sama dengan perangkat lunak user-profiling

Sebagai contoh ,ketika kita membeli suatu produk di web site e-Commerce seperti Amazon.com,kita akan secara otomatis menerima email berisi catatan dari pembelian kita.Kemudian kita akan menerima email berisikan ketersediaan produk dan status pengiriman.Setelah itu kita akan mendapat email bahwa produk yang kita beli sudah dikirimkan.

7.      Collaboration and Trading
Adalah proses yang mendukung pengaturan kolaborasi penting dan jasa perdagangan
Dibutuhkan oleh pelanggan, pemasok, dan pemangku kepentingan(stakeholders) lainnya.

Prosesnya dapat dilakukan dengan membuat komunitas online yang menarik seperti E-mail, chatting, discussion group untuk meningkatkan layanan dan membangun loyalitas pelanggan.


Proses Pembayaran Elektronik
Proses pembayaran elektronik merupakan proses yang kompleks karena:
·         Banyak masalah keamanan
·         Berbagai alternatif debit dan kredit
·         Lembaga keuangan dapat menjadi bagian dari proses

v  Web Payment Process
Contohnya:     - Proses Shopping cart
-Proses pembayaran kartu kredit
-Debit dan proses lainnya yang lebih kompleks.

v  Electronic Funds Transfer(EFT)
Adalah Sistem pembayaran utama di bidang perbankan, ritel dengan menggunakan berbagai teknologi informasi melakukan proses transfer uang kartu  kredit antar bank-bisnis-pelanggan.
Kebanyakan point-of-sale di toko-toko ritel adalah jaringan dengan sistem EFT Bank.

v  Secure Electronic Payments




cara pembayaaraan online yang aman
         Gambar ini menunjukkan sistem pembayaran elektronik yang aman dengan beberapa alternatif pembayaran.
Ketika kita melakukan pembelian secara online di internet,informasi kartu kredit kita rentan terhadap intersepsi dari network sniffers,software dengan mudah mengetahui nomor kartu kredit.
Beberapa sistem keamanan dimaksudkan untuk digunakan dalam menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan:
  Mengenkripsi data antara pelanggan dengan penjual.
  Mengenkripsi data antara pelanggan dengan institusi keuangan.

  Menyimpan informasi penting secara offline.