Sunday, May 26, 2013

Motivation

Pertanyaan Manajemen-10
1. Apa tujuannya anda mempelajari Teori-Teori Motivasi sebagai calon Manajer, dan sasaran semua teori Motivasi Awal maupun Kontemporer itu apa?
2. Mana saja teori Motivasi yang menyederhanakan teori Maslow, dari lima menjadi tiga kebutuhan manusia, tulis dan uraikan.

1.             -untuk memudahkan manager dalam memotivasi orang lain agar orang lain lebih termotivasi
                -agar manager dapat semakin termotivasi dalam melakukan kegiatan yang sedang dilakukanya
                -agar manager dapat memberikan motivasi di dalam perusahaan atau organisasi
                -agar dapat membantu meningkatkan semangat orang lain di dalam perusahaan agar dapat mencaoai tujuan
                -agar dapat mengetahui cara menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan motivasi
2. Teori Motivasi yang menyederhanakan teori Maslow, dari lima menjadi tiga kebutuhan manusia adalah Teori ERG dikemukakan oleh Clayton Alderfer seorang psikolog asal Amerika Serikat, dimana teori ini merupakan simplifikasi dan pengembangan lebih lanjut dari teori hirarki kebutuhan Abraham Maslow.
Ketiga kebutuhan pokok manusia ini diurai Aldelfer sebagai simplifikasi teori hirarki kebutuhan Abraham Maslow sebagai berikut:
1) Existence atau keberadaan adalah suatu kebutuhan akan tetap bisa hidup sesuai dengan tingkat kebutuhan tingkat rendah dari Maslow yaitu meliputi kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman.
2) Relatedness atau hubungan mencakup kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kebutuhan ini sesuai dengan kebutuhan afiliasi dari Maslow.

3) Growth atau pertumbuhan adalah kebutuhan yang mendorong seseorang untuk memiliki pengaruh yang kreatif dan produktif terhadap diri sendiri atau lingkungan. Realisasi dari kebutuhan penghargaan dan perwujudan diri dari Maslow.

2 comments: