Thursday, May 30, 2013

Mengenal Bahasa pemprograman JAVA

java programing language bahasa pemprograman java

Java adalah sebuah platform teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Pertama kali di-release tahun 1991 dengan nama kode Oak. Kemudian tahun 1995 nama kode Oak diganti menjadi Java. Yang memotivasi Java dibuat adalah untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap platform (platform independent). Java dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer, seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. Hal ini kemudian Java memiliki konsep yang disebut write once run anywhere.
Untuk membangun perangkat lunak menggunakan Java maka dibutuhkan Java Development Kit (JDK). JDK release pertama tahun 1996 yaitu JDK 1.1 yang diadopsi oleh Netscape. JDK terbaru sekarang (September-tahun 2004, ketika modul ini ditulis) adalah JDK 1.4.2_3. Semua program dan dokumentasi dari JDK ini bisa di-dwonload secara gratis disitus www.sun.java.com.


Sintaks Java merupakan pengembangan dari bahasa C/C++. Berikut adalah beberapa hal tentang pemrograman Java:
  1. Bersifat protable dan platform independent. Program Java yang telah ditulis akan dapat dieksekusi di mesin apapun dan sistem operasi apapun tanpa harus mengubah sedikitpun dari program tersebut.
  2. memiliki garbage collection  yang dapat mendealokasikan memori secara otomatis.
  3. menghilangkan sifat pewarisan berganda yang terdapat pafa C++.
  4. Mengurangi pointer aritmetika. Pengaksesan lokasi memori secara langsung dengan menggunakan pointer memungkinakn program untuk melakukan suatu tindakan yang tidak seharusnya atau tidak boleh dilakukan. Untuk mengurangi kemungkinan kesalahan seperti ini penggunaan pointer pada Java telah dibatasi dengan menggunakan reference.
  5. memiliki array sejati.
  6. mengurangi kerancuan antara pemberian nilai pada statement conditional.
Selain itu Java memiliki karakteristik:
  1. Berorientasi Objek
  2. Robust
  3. Portable
  4. Multithreading
  5. Dinamis
  6. Sederhana
  7. Tredistribusi
  8. Aman
  9. Netral secar arsitektur
  10. Interpreter
  11. Berkinerja tinggi
  12. free / bebas licence
untuk lebih lanjut mungkin saya akan post kan di blog saya satu lagi http://playwjava.blogspot.com/
tapi blog tersebut juga belum jadi. Jadi untuk sementara waktu disini terlebih dahulu


1 comment: