Saturday, October 3, 2009

antivus

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory bahkan Procesor (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service Pack 2, Windows Vista Service Pack 1 ) bahkan GNU/Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Real Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU dengan versi kernel dibawah 1.4 (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.
Cara Mengatasi Virus Komputer
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut.
Contoh virusnya adalah Worm, Trojan, Backdoor, hacking, dll
Antivirus komputer
adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
Sebagian besar antivirus bekerja dengan beberapa metode seperti di bawah ini:
• Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription).
• Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang "tidak wajar" menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui e-mail), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature. Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan (bukan memantau berkas), maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau "False Alarm" (jika konfigurasi antivirus terlalu "keras"), atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu "lunak"), terjadi false positive. Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai heuristic scanning. Teknologi Heuristic Scanning ini telah berkembang begitu jauh hingga sekarang. Beberapa antivirus mengecek sebuah file dengan definisi biasa. Jika lolos dari deteksi biasa, maka file tersebut dijalankan di sebuah lingkungan virtual. Semua perubahan yang dilakukan file bersifat seperti virus, maka pengguna akan diperingatkan.
Antivirus yang menggunakan behavior-blocking detection ini masih sedikit jumlahnya, tapi di masa yang akan datang, kemungkinan besar semua antivirus akan menggunakan cara ini. Beberapa antivirus juga menggunakan dua metode di atas secara sekaligus.
• Antivirus - antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah diprogram untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall, untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah bervirus ke inbox pengguna.
• Antivirus berdasarkan jenis pengguna dapat dibagi menjadi 2, yaitu untuk Home User dan Network (Corporate User). Untuk home user, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan, antivirus dapat melakukan scan di komputer - komputer client dan network drive. Selain itu, proses update komputer client dalam jaringan tidak harus langsung dari Internet. Komputer client dapat melakukan upate langsung dari server jaringan.
Fungsi anti virus
Antivirus perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi virus berbahaya dan spyware pada sistem komputer. Hacker sering menanamkan virus pada situs-situs populer untuk menulari komputer dari siapapun bahwa kunjungan situs Web mereka. Anda harus mencari yang sesuai jenis perangkat lunak antivirus untuk menghentikan mereka dari invading tanpa sistem komputer Anda. Dengan perangkat lunak antivirus, virus dan spyware akan dihapus dari sistem komputer Anda terinfeksi untuk melindungi data penting. Kebanyakan perangkat lunak antivirus program dapat berguna mengidentifikasi umum jarang malware dan aplikasi yang tanpa disadari telah terinstal pada sistem komputer.

Fitur-fitur anti virus
Perangkat lunak antivirus memiliki kemampuan mencari seluruh file pada sistem komputer. Alih-alih hanya melihat bagian kecil dari sebuah komputer yang ada file, perangkat lunak antivirus dengan teliti menganalisa itu. Hal ini mencegah virus, spyware, dan malware dari bersembunyi di komputer Anda mengkompromikan sistem dan data yang tersimpan di dalamnya. Di-scan akses adalah fitur lain yang berguna di berbagai perangkat lunak antivirus. Perlindungan real-time yang akan memberitahu Anda tentang segala aktivitas yang luar biasa file dapat menunjukkan sistem komputer Anda sudah terinfeksi. Virus removal fitur tersebut juga disertakan dalam perangkat lunak antivirus membawa mereka ke luar sistem komputer Anda saat ini. Dengan sering update virus database, perangkat lunak antivirus Anda akan secara efektif melacak ancaman terbaru yang dapat membahayakan sistem komputer Anda.

Apakah yang dimaksud dengan perlindungan antivirus? .
Antivirus perlindungan merujuk kepada tingkat keamanan dan keselamatan terhadap serangan virus yang ditawarkan oleh sebuah program anti virus atau perangkat lunak paket. An antivirus program perlindungan secures PC dari serangan virus berbahaya, Trojans dan cacing dan thwarts lainnya berbasis Internet ancaman sementara user yang online. Perlindungan antivirus program dapat dibeli dari merek, nama baik atau vendor dapat didownload sebagai freeware atau shareware.

Secures PC Perlindungan

J kuat perlindungan antivirus program defends dan melindungi PC dari serangan virus, dan ancaman infeksi dan umumnya secures PC keseluruhan keamanan dan performa.

Pemindaian Alerts

Kebanyakan perangkat lunak antivirus perlindungan terus berjalan di latar belakang. Perangkat lunak ini juga peringatan tentang pengguna berkala memindai atau scan terjadwal preprogrammed diperlukan untuk melindungi PC dari virus dan perangkat lunak berbahaya.

Online Secures pursuits

Perlindungan perangkat lunak antivirus memindai lampiran email, Website, belanja online portal dan akan mengamankan pengiriman online Web browsing dan pengalaman pengguna.

Up-to-Date Perlindungan

Regular pembaruan antivirus database, modul dan program virus definisi mengurangi kemungkinan baru atau lainnya muncul virus menjangkiti PC Anda dan pastikan up-to-date perlindungan.

Perlindungan atas Program Antivirus

Atas perlindungan antivirus program yang ditawarkan oleh Trend Micro, McAfee, Computer Associates, Zone Alarm, Norton dan Kaspersky Labs.

Mengapa menggunakan antivirus? .
anti virus program adalah perangkat lunak produk yang dirancang untuk melindungi komputer dari program jahat, yang harus digunakan bila ada yang di internet.

Bahaya

Alasan utama untuk menggunakan perangkat lunak antivirus adalah mencegah virus, spyware, dan adware trojans dari infiltrating harddisk anda. Berbahaya program ini dapat berpotensi merusak harddisk anda.

Masalah Kinerja

Bahkan jika komputer Anda tidak sepenuhnya crash, virus yang dapat mengurangi kinerja sistem dan menyebabkan annoying popups atau crash program. Virus ini dapat dicegah dengan menggunakan perangkat lunak antivirus.

Biaya

Beberapa program antivirus harus dibeli, namun banyak program yang solid dapat didownload, diperbarui dan digunakan secara gratis.

Pencegahan

Antivirus program dirancang tidak hanya untuk menghilangkan virus dari komputer, tapi untuk mencegah mereka dari menjangkiti komputer di tempat pertama. Lebih baik untuk menghentikan masalah sebelum mulai untuk menghitung dari pada yang dapat men-download dan menghapus virus setelah komputer Anda sudah terinfeksi.

Fitur-fitur

Banyak program-program anti virus ada tambahan fitur keamanan, seperti firewall, spyware dan berbahaya Scanners link / download Scanners.

Produsen Antivirus
Produsen Produk Situs Web
Aladdin Knowledge Systems
eSafe
http://www.aks.com

Alwil Software
Avast
http://www.asw.cz

Anyware Software
Anyware AntiVirus
http://www.helpvirus.com

Ansav
Ansav
http://www.ansav.com/

AVG AntiVirus
AVG Anti-Virus
http://www.grisoft.com

Avira
AntiVir
http://www.avira.com

Cat Computer Services
Quick Heal
http://www.quickheal.com

Central Command Software Vexira Antivirus
http://www.centralcommand.com

Authentium Command AntiVirus
http://www.authentium.com/command/index.html

Computer Associates eTrust http://www.ca.com/virusinfo/

Cybersoft waVe Antivirus
http://www.cyber.com

DialogueScience SpIDer Guard http://www.dials.ru

Eset Software NOD32 http://www.nod32.com

Frisk Software F-Prot Antivirus http://www.f-prot.com

F-Secure F-Secure Anti-virus http://www.fsecure.com

GeCAD RAV AntiVirus http://www.rav.ro

H+BEDV Datentechnik AntiVir dan AntiVir Personal Edition http://www.antivir.de

HAURI ViRobot, DataMedic, Live-Call http://www.hauri.co.kr

Hiwire Computer and Security WinProof dan ExcelProof http://www.hiwire.com.sg

Ikarus Die Klinik http://www.ikarus-software.at

Kaspersky Labs Kaspersky Anti-Virus (AVP) http://www.kaspersky.com

Leprechaun Software VirusBUSTER II http://www.leprechaun.com.au

Messagelabs email scanning services http://www.messagelabs.com/viruseye/

MicroWorld Software eScan http://www.microworldtechnologies.com

MKS MKS Vir http://www.mks.com.pl

Network Associates McAfee Anti-Virus dan McAfee Virus Scan http://www.mcafee.com atau http://www.nai.com

NetZ Computing InVircible AV http://www.invircible.com

Norman Data Defense Systems Norman Virus Control dan Norman Security Suite http://www.norman.no

Panda Software Panda AntiVirus dan NanoScan http://www.pandasoftware.com

Per Systems Per AntiVirus http://www.persystems.com/antivir.htm

Proland Software Protector Plus http://www.pspl.com

Safetynet VirusNet PC and VirusNet LAN http://www.safe.net

Softwin BitDefender http://www.bitdefender.com

Sophos Sophos Anti-Virus http://www.sophos.com

Sybari Software Antigen for Microsoft Exchange http://www.sybari.com

Symantec
Norton Antivirus dan Symantec Antivirus Corporate Edition http://www.symantec.com

TREND Micro
Trend Virus Control System dan PC-Cilin
http://www.trendmicro.com

VirusBuster Ltd. VirusBuster http://www.vbuster.hu

Clam ClamAV
http://www.clamav.org

PC Media Anti Virus
PCMAV
http://www.pcmav.biz/

Microsoft Corporation
Windows Live OneCare dan Microsoft ForeFont
http://onecare.live.com

Zonelabs
ZoneAlarm AntiVirus
http://www.zonealarm.com/

BullGuard
BullGuard Antivirus
http://www.bullguard.com/

Anda dapat mendownload antiviruses updates secara manual di:
Nama Anti Virus Alamat Website
AVG Anti Virus http://www.avg.com/download-update

PC Media Anti Virus http://www.pcmav.biz/, http://www.virusindonesia.com/

ANSAV http://www.ansav.com/

McAfee VirusScan http://www.mcafee.com/apps/downloads/security_updates/dat.asp?region=us&segment=enterprise

Symantec Norton AntiVirus http://www.symantec.com/business/security_response/definitions.jsp

Kaspersky Antivirus http://www.kaspersky.com/avupdates

TrendMicro http://www.trendmicro.com/download/apac/pattern.asp?WT.mc_id=2008HPAPAC_TRC_PatternFile

AVG Antivirus http://free.avg.com/download-update

BitDefender http://www.bitdefender.com/site/view/Desktop-Products-Updates.html


Profile anti virus

AVG adalah istilah untuk perangkat lunak antivirus dan keamanan internet untuk Microsoft Windows, Linux, dan FreeBSD, yang dikembangkan oleh AVG Technologies.
Pengembang antivirus ini, AVG Technologies merupakan perusahaan Ceko yang dibentuk pada tahun 1991 oleh Jan Gritzbach danTomas Hofer.
Fitur avg :
• Antivirus
• Anti spyware
• E-mail scanner
• Id-protection
• Resident shield



BitDefender adalah perangkat lunak antivirus yang dapat digunakan untuk Microsoft Windows, Symbian OS, Windows Mobile, Mac OS X (beta) dan freeBSD.pendiri Florin and Mariuca Talpes dengan slogan “Proactive Protection”


McAfee, Inc. NYSE: MFE adalah perusahaan perangkat lunak antivirus dan keamanan komputer yang berpusat di Santa Clara, California. Beberapa produknya adalah McAfee VirusScan, McAfee SpamKiller, IntruShield, Entercept, dan Foundstone. Didirikan pada 1987 sebagai McAfee Associates, dinamai menurut pendiri John McAfee, mereka kemudian bergabung dengan Network General dan membentuk Network Associates pada 1997. Pada 2004 mereka kembali menggunakan nama McAfee. Salah satu perusahaan yang dibeli McAfee adalah Trusted Information Systems, pencipta Firewall Toolkit.

PCMedia AntiVirus disingkat PCMAV adalah perangkat lunak antivirus buatan PCMedia. Selain menggunakan mesin antivirusnya sendiri, PCMAV juga dapat dipasangkan dengan mesin ClamAV sebagai tambahan sehingga bisa mendeteksi lebih dari 200.000 virus komputer. PCMAV juga dilengkapi dengan beberapa teknologi mutakhir, seperti ActiveCheck, DeepClean, SmartUnhide, dan GeneticHeuristic.


Symantec Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam perangkat lunak. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1982. Bermarkas di Sunnyvale, California. Perusahaan ini beroperasi lebih dari 40 negara.

Norton 360 adalah aplikasi keamanan komputer yang dikembangkan oleh Symantec Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows XP dan Vista. Norton 360 menawarkan perlindungan keamanan komputer tradisional, ditambah keamanan Web, backup dan alat pemeliharaan komputer.
fitur Norton 360:
memiliki pelindung dari kebanyakan bentuk dari malware, termasuk virus, trojan, spyware, dan adware, serta firewall pribadi dan fitur anti-phishing.[1] Sebuah lisensi tunggal Norton 360 dapat digunakan untuk melindungi hinnga 3 komputer tanpa biaya tambahan. Pengguna juga dapat menggunakan Norton 360 untuk mem-backup data pribadi secara local drive atau online (versi standar memberikan space gratis 2 GB dan versi premier memberikan space 10 GB, meskipun space tambahan bisa dibeli).[2] Dalam penambahan, Norton 360 termasuk alat pemeliharaan tingkat dasar, termasuk disk optimizer dan registry cleaner, yang dibuat untuk mengoptimalkan komputer pengguna. Paket Add-on yang menyediakan fitur lain (termasuk parental control dan anti-spam) tersedia dari Symantec.[3] Norton 360 mempunyai tampilan tatap muka yang lebih sederhana dibandingkan kebanyakan produk Symantec lain yang sejenis dan dibuat supaya lebih otomatis


Kaspersky Lab (ejaan Inggris: [kæsˈpɝːski], atau dalam bahasa Rusia adalah Лаборатория Касперского, Laboratoriya Kasperskovo) adalah perusahaan yang membuat produk atau perangkat lunak anti-virus, perusahaan ini dibentuk oleh Natalia Kasperskaya dan bekerja sama dengan Eugene Kaspersky pada 1997, dan menawarkan produk anti-virus, anti-spyware, anti-spam, and anti-penghancur. Kaspersky Lab adalah perusahaan pribadi yang bermarkas di Moskwa, Rusia dengan kantor cabang regional di Jerman, Perancis, Belanda, Inggris Raya, Polandia, Romania, Swedia, Jepang, Cina, Korea dan Amerika Serikat[1].
Pada tahun 2005, majalah Red Herring memasukan Kaspersky pada daftar "Red Herring 100 Europe", yang merupakan daftar-daftar 100 perusahaan pribadi di Eropa (termasuk Israel) yang berperan penting bagi inovasi teknologi.
Enjin Kaspersky Anti-Virus juga menopang sejumlah produk keamanan lainnya, seperti Check Point, Bluecoat, Juniper Networks, Sybari (saat ini dimiliki oleh Microsoft), Netintelligence, GFI Software, F-Secure, Borderware, FrontBridge, G-Data, Netasq, dan lainnya. Secara keseluruhan, lebih dari 120 perusahaan yang melisensikan tekonologi Kaspersky, membuatnya menjadi salah satu enjin anti-virus yang paling banyak digunakan.

Avira GmbH adalah sebuah perusahaan perangkat lunak antivirus buatan Jerman. Aplikasi anti virus yang didasarkan pada Produk AntiVir. Mesin Scan Virus AntiVir Biasa disebut "Luke Filewalker", yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1988. Biasa disebut "H + BEDV Datentechnik GmbH" ketika didirikan. Avira AntiVir Personal - Free Antivirus gratis untuk penggunaan pribadi. Mesin Anivirus Avira telah digunakan juga untuk Ashampoo antivirus dan Webroot WebWasher.

Avast! adalah sebuah program anti-virus yang dikembangkan oleh ALWIL Software yang berdomisili di Praha, Republik Ceko, program ini pertama kali dirilis pada tahun 1988. Avast! adalah salah satu program-antivirus yang pertama dirilis untuk Windows x64. Avast! 4 Home adalah program antivirus freeware yang tersedia bagi pengguna Microsoft Windows dan Linux. Pada bulan Oktober 2008 Avast! edisi Gratis telah diunduh sebanyak 32 juta kali di situs Download.com.[2] Sedangkan pada tanggal 7 Maret, 2008 Avast! edisi rumah telah dimiliki oleh 60 juta pengguna yang terdaftar.[3]
Avast! juga ditargetkan untuk mencegah beberapa ancaman komputer, termasuk beberapa program yang secara harafiah bukan virus komputer seperti spyware, bahkan anti-spyware palsu, dan juga menyediakan basis data pemulihan (recovery database) yang akan memulihkan data yang terinfeksi, bukan menghapusnya. Program ini juga menyediakan terjemahan teks dan suara untuk 27 bahasa.

Kemampuan anti virus mendeteksi dari 1.024.381 sample virus.
Nama AntiVirus Terdeteksi Prosentase
WebWasher (gateway product only) 1023742 99,9%
AVK 2008 1022418 99,8%
AntiVir 1020627 99,6%
Avast! 1018204 99,4%
Trend Micro 1009662 98,6%
Symantec 1006849 98,3%
AVG 1005006 98,1%
BitDefender 1003902 98,0%
Kaspersky 1003470 98,0%
Ikarus 1002894 97,9%
Sophos 1001655 97,8%
F-Secure 999806 97,6%
Microsoft 992880 96,9%
F-Prot 986961 96,3%
Panda 979409 95,6%
Rising 962674 94,0%
Norman 962191 93,9%
McAfee 959919 93,7%
Fortinet 957558 93,5%
Nod32 953936 93,1%
Dr Web 887736 86,7%
VBA32 885313 86,4%
QuickHeal 862919 84,2%
ClamAV 791505 77,3%
Command 729233 71,2%
VirusBuster 693944 67,7%
K7 Computing 571329 55,8%
eTrust-VET 566161 55,3%

Antivirus handphone
Jenis-jenis virus yang dapat merusak ponsel
1. Worm
Worm atau cacing adalah virus yang bertempat tinggal pada memori ponsel yang aktif dan bisa menduplikasi dengan sendirinya. Worm menyebar ke ponsel lain melalui email, chatting, LAN, dan Bluetooth.Contoh Virus jenis worm ini adalah Cabir. Cabir menyebar melalui koneksi Bluetooth dan masuk ke dalam ponsel melalui inbox. Saat kita mengklik file sis tersebut dan menginstallnya , Cabir mulai mencari mangsa baru ponsel dengan akses Bluetooth terbuka untuk menginfeksinya. Nama lain dari Cabir adalah SymbOS/Cabir.A, atau bisa juga dinamai Cabir.A,Worm atau bisa juga disebut virus Caribe. Cabir akan mengaktifkan Bluetooth secara periodik sekitar 15-20 menit sekali. Tidak ada kerusakan file yang terjadi apabila ponsel kita terkena virus ini maka baterai akan cepat habis untuk mencari perangkat Bluetooth lainnya. Untuk mencegahnya yang dapat kita lakukan adalah matikan fitur Bluetooth pada ponsel kita dan kita hanya mengaktifkan kalau dibutuhan saja.Selain Cabir salah satu jenis virus worm lainnya adalah Commwarrior yang menyebar melalui MMS dan koneksi Bluetooth. Setiap tanggal 14, ponsel akan me Reset dengan sendirinya. Nama lain dari Commwarrior antara lain adalah SymbOS/commwarrior.a. Commwarrior menyebar dengan cara mengirim file yang menarik ke ponsel kita. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan tidak menggunakan Bluetooth secara sembarangan dan jangan menerima file yang tidak diketahui asal-usulnya
2.Trojan Horse
Trojan Horse adalah suatu program jahat yang berpura-pura ramah. Trojan dapat merusak program pada ponsel. Trojan tidak dapat menduplikasi dirinya seperti worm.Salah satu jenis dari Trojan adalah Skulls dengan nama lengkap SymbOS.skulls. Nama lain dari virus ini adalah SKULLS.A. Skulls akan mengganti sistem di dalam ponsel dan menyebabkan ikon menu utama berubah menjadi gambar tengkorak. Tidak hanya gambar yang diubah, Skulls juga akan melumpuhkan aplikasi yang ikonnya tadi dirubah. Jadi pada saat kita memencet ikon dari aplikasi tersebut, maka akan muncul pesan sistem eror. Terdapat tiga jenis skulls yaitu Skulls A, Skulls C, dan Skulls H. Cara mencegahvirus ini adalah dengan menolak menginstall aplikasi ini dan selalu menutup koneksi Bluetooth saat tidak dibutuhkan Salah satu jenis virus Trojan lainnya adalah Doomboot. Virus yang bernama lengkap SymbOS.Doomboot.A.. Cara kerja dari virus ini adalah dengan membuat file korup dan setelah ponsel terinfeksi maka virus lannya akan ditempatkan dalam ponsel kita. File yang korup tadi akan membuat ponsel tidak dapat melakukan booting. Virus ini masuk ke dalam ponsel dengan seakan-akan menyerupai game Doom versi symbian. Virus ini sangat pandai menyaru, karena setelah ponsel terinfeksi, tidak ada tanda apapun bahwa ponsel telah terinfeksi virus. Virus ini juga secara otomatis akan menyebar melalui Bluetooth dan mengakibatkan konsumsi baterai ponsel menjadi berlebihan sehingga baterai cepat habis. . Doomboot akan membuat ponsel tidak dapat melakukan booting saat kita memmatikan ponsel dan menyalakan kembali
Penyebaran:Biasanya virus disamarkan dalam bentuk yang menarik seperti game ataupun gambar. Supaya lebih menarik lagi, permainan ataupun gambar tersebut diselipkan kata-kata yang vulgar
serangan virus yang sulit untuk dihindari, memacu perusahaan pengembang software untuk membuat antivirus yang tepat. Beberapa contoh antivirus ponsel antara lain adalah:
SimWorks antivirus
Antivirus ini cukup ampuh melawan beberapa virus yang menyerang ponsel seperti Cabir A, Cabir B, Cabir C, Trojan the Mosquitos dialer, Trojan skulls, Trojan Locnut, dll. Aplikasi ini dibuat untuk ponsel symbian seri 60 dan UIQ. Seperti nokia 6600, Sony Ericson P900 dan sebagainya.
Kemampuan SimWorks antivirusantara lain:
• Memindai file dan pesan secara realtime ketika masuk ke ponsel untuk mencegah terjadinya infeksi lanjutan
• Dapat digunakan secara manual jika kita kurang yakin dengan kondisi file dalam ponsel kita
• Melakukan scanning secara otomatis dalam interval waktu tertentu sesuai dengan keinginan kita.
• Aktif secara otomatis saat ponsel dinyalakan.
• Menampilkan log hasil scanning
• Terintegrasi dengan server untuk dapat melakukan update definisi virus bila ditemukan virus jenis baru yang bisa diatasi
• Bisa ditransfer ke ponsel lain.
Kapersky Antivirus Mobile
Kapersky adalah perusahaan antivirus dari Rusia. Pada awalnya, pada tahun 2004 mereka berhasil mendeteksi dan menghilangkan virus di ponsel bersistem operasi Symbian dan juga windows. Virus yang dapat mereka atasi adalah jenis Trojan dan juga worm.
Kemampuan Kapersky antivirus antara lain adalah:
• Mengeluarkan bunyi ketika virus terdeteksi
• Scanning otomatis terhadap file yang masuk ke ponsel
• Scanning manual bagi pengguna ponsel
• Menampilkan log hasil scanning
• Update via GPRS
F-Secure Mobile antivirus
Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan asal Finlandia. Khusus untuk ponsel mereka bias mengatasi Cabir, Trojan Dialer, dan Commwarrior. Kemampuan F-secure antivirus antara lain adalah:
• Scanning realtime terhadap virus yang mencoba untuk masuk
• Update database virus hasil riset F-secure melalui koneksi HTTPS
• Deteksi virus otomatis terhadap koneksi data untuk koneksi Over The air
• Update aplikasi otomatis
• Pendataan jenis virus yang ditemukan secara digital ke system database F-secure t
4.Symantec Mobile Security for Symbian
Perusahaan pembuat software ini merupakan market leader di kelasnya. Anti virusnya yang terkenal adalah Norton. Dengan antivirus ini, ponsel tidak hanya dapat terlindung dari virus saja tetapi juga koneksi nirkabel yang tidak dapat dipercaya. Setiap dua tahun sekali akan di update produknya.
Kemampuan antivirus Symantec:
• Mendeteksi dan menghapus secara otomatis virus dan kode malware lainnya
• Memiliki monitor firewall built in terhadap komunikasi LAN/WAN dan memblokir file yang dicurigai
• Melindungi sejak pertama kali terinstall, secara otomatis menghidupkan proteksi antivirus dan menutup port yang dapat ditembus oleh virus.
• Mudah digunakan
• Proteksi real time terhadap SMS, EMS, MMS yang memiliki kode berbahaya.
• Scanning manual sesuai keinginan pengguna
• Menginformasikan kepada pengguna dengan sistem alert akan munculnya virus, update terbaru dan ketika layanan hamper kadaluarsa

No comments:

Post a Comment